Replika Lancang Kuning dan Laksamana Hang Tuah di Festival Seni Budaya Melayu XI

Kompas.com - 03/10/2016, 12:10 WIB
Heri Kristiawan Sejumlah pekerja tampak sedang mengerjakan replika Kapal Lancang Kuning yang akan memeriahkan Festival Seni Budaya Melayu XI se Kalimantan Barat yang dipusatkan di Stadion Kridasana, Singkawang.

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Perhelatan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke XI se Kalimantan Barat tidak lama lagi.

Panitia penyelenggara pun mulai gencar melakukan serangkaian persiapan serta sosialisasi kegiatan yang akan digelar di Kota Singkawang pada 16-22 Oktober 2016.

Sebuah instalasi seni rupa berbentuk kapal Lancang Kuning dan replika Laksamana Hang Tuah bakal menyemarakkan kegiatan yang dipusatkan di Stadio Kridasana, Jalan Pelita, Singkawang, Kalimantan Barat.

Ketua Panitia FSBM XI, Syech Bandar mengatakan sesuai dengan tema kegiatan “Menjunjung Marwah Menyambut Tuah”, pihaknya menghadirkan seni instalasi yang sesuai dengan tema, yaitu Laksamana Hang Tuah, sosok tokoh pahlawan Melayu yang melegenda.

Heri Kristiawan Replika Laksamana Hang Tuah yang akan memeriahkan Festival Seni Budaya Melayu XI se Kalimantan Barat yang dipusatkan di Stadion Kridasana, Singkawang.
"Saat ini sedang proses pematangan persiapan baik untuk acara pembukaan dan untuk lomba sudah hampir 70 persen siap, mulai dari persiapan tarian pembukaan Hikayat Hang Tuah, acara lomba dan kesiapan panitia lainnya," ujar Bandar, Minggu (2/10/2016).

Proses pembuatan ini sudah dilaksanakan sejak tiga minggu yang lalu. Kapal beserta replika ini dipastikan sudah selesai sebelum acara pembukaan dimulai.

Kapal berbahan kayu berukuran raksasa ini nantinya bisa dinaiki oleh pengunjung, dengan kapasitas maksimal 200 orang.




Close Ads X