Kompas.com - 05/10/2016, 11:06 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KUTA, BALI - Olahraga selancar atau surfing nampak begitu menggugah ketika melihat seseorang menantang ombak besar, kemudian meliukkan papan dan tetap tegap mesti digulung ombak. Sama sekali tak mustahil jika Anda ingin belajar olahraga air satu ini. Salah satu lokasi tepat untuk belajar selancar adalah di Pantai Kuta, Bali.

Ada banyak operator untuk belajar selancar di Pantai Kuta, Bali. Dekom adalah salah satu operator selancar yang lokasinya strategis, yakni terletak persis di sebelah papan nama Pantai Kuta, Bali.

"Kalau di sini yang lebih banyak belajar orang Jepang dan Korea. Orang lokal (Indonesia) hanya 15 persen saja," kata resepsionis Dekom. Benar saja, hari itu, Selasa (27/9/2016) ada enam wisatawan Jepang yang tertarik untuk belajar selancar.

Sebelum memulai sesi belajar, peserta diharuskan menonton tayangan mengenai pengetahuan dasar selancar. Mulai dari penggunaan alat, teknik, sampai dengan antisipasi bahaya. Kurang lebih 15 menit setelah tayangan selesai, peserta kemudian akan diminta untuk mengganti baju berenang. 

Selesai ganti baju, kegiatan selanjutnya adalah belajar gerakan selancar di darat, tepatnya di Pantai Kuta. Untuk pemula papan selancar yang digunakan ukurannya agak besar dan berbentuk oval. Papan dengan bentuk ini disebutkan Alex, pelatih selancar di Dekom lebih aman bagi pemula karena lebih seimbang.

Sedangkan papan selancar yang lebih pendek dan runcing seperti yang sering dilihat di film, lebih cocok untuk bermanuver di ombak. Tentunya bagi yang memiliki kemampuan selancar yang sudah lebih baik. 

KOMPAS.com/SRI LESTARI Wisatawan surfing di Pantai Kuta
Alex sang pelatih kemudian meminta para murid, alias peserta kelas selancar untuk mempraktikkan gerakan yang telah dilihat di tayangan televisi di atas pasir.

"Tiduran dulu, angkat badan lalu berdiri dengan kaki kiri atau kanan yang ke depan, badan agak sedikit membungkuk," kata Alex. Gerakan ini kemudian diulang terus menerus. 

Setelah dirasa gerakan sudah tepat, Alex yang lancar berbahasa Jepang ini kemudian langsung meminta para muridnya untuk praktek langsung di laut. "Pantai kuta ini cocok untuk belajar pemula karena tak ada karang," kata Alex. 

Miyako, wisatawan asal Jepang mencoba gerakan selancar yang telah diajarkan. Sekali coba ia terjatuh karena belum dapat menjaga keseimbangan. Begitu juga pada percobaan kedua kali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.