Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Makan Enak Sekaligus Bantu Siswa Disabilitas di Ubud

Kompas.com - 06/10/2016, 16:14 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

UBUD, KOMPAS.com - Alangkah indahnya ketika uang yang Anda bayar untuk sepiring makanan lezat dapat membantu orang-orang yang membutuhkan. Hal itu bukan khayalan belaka, Anda dapat beramal sembari makan makanan lezat di Sjaki's Warung, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Sjaki's Warung sebenarnya adalah unit usaha dari Sjaki-Tari-Us, sekolah bagi anak-anak dengan keterbatasan mental yang terletak di Jalan Monkey Forest 127.

Letaknya berada tepat di belakang lapangan sepak bola. Jadi jika Anda melihat lapangan bola saat melintasi Ubud, itulah patokan untuk berkunjung ke Sjaki's Warung.

"Di sekolah kami dibagi menjadi dua kelas. Ada kelas untuk anak-anak dan remaja. Laba dari warung nanti dipakai untuk membantu sekolah. Ada juga anak-anak remaja yang bekerja di dapur warung kami," kata Okta, representatif dari Sjaki's Warung yang KompasTravel temui, Kamis (29/9/2016).

Sayang, saat KompasTravel berkunjung waktu sekolah sudah selesai, sehingga para siswa sudah pulang. Jika tidak, sebenarnya dapat melihat langsung aktivitas para murid di Sjaki-Tari-Us yang letaknya di sebelah persis Sjaki's Warung dan shop atau tempat belanja toko cendera mata yang dibuat oleh para siswa Sjaki-Tari-Us.

Kompas.com/Silvita Agmasari Sjaki's Warung di Ubud, Bali.
Menu makanan di Sjaki's Warung cukup beragam, terdiri dari menu makanan Indonesia dan Barat. Contohnya lumpia, kentang goreng, gorengan bakwan, tahu, tempe, ragam sandwich dan burger, pasta, chicken gordonblue, nasi goreng, mie goreng, nasi campur, serta masih banyak lainnya.

Untuk makanan penutup juga ada poffertjes, aneka es krim, dan pisang goreng. Sedangkan untuk minuman, jus segar dan milshake dari Sjaki's Warung sangat menggunggah di teriknya matahari Bali.

KompasTravel mencoba Nasi Campur khas Bali di Sjaki's Warung. Berbagai isian seperti ayam, bakwan jagung, telur rebus, tahu, tempe, sayur lawar, dan kerupuk. Rasa makanan di Sjaki's sebenarnya standar tetapi tetap lezat dengan penyajian yang higienis dan porsi yang cukup besar.

Kompas.com/Silvita Agmasari Nasi Campur di Sjaki's Warung.
Hanya saja saat makan, dijamin Anda merasakan suatu hal yang berbeda. Setidaknya makanan yang Anda makan berarti bagi pendidikan anak-anak disabilitas.

Itulah yang membuat makan di Sjaki's Warung menjadi begitu bermakna. Harga makanan di Sjaki's Warung dimulai dari Rp 10.000. Sangat terjangkau bukan?

Sjaki's Warung buka dari pukul 10.00-22.000 Wita. Ada dua lantai, yang keduanya langsung menghadap lapangan sepak bola. Dekorasi nan ceria ditambah permainan board games membuat kunjungan ke Sjaki's Warung menyenangkan.

Oh ya, jika Anda ingin membawa bantuan seperti alat bantu pendidikan sangat terbuka lebar di Sjaki's Warung, karena ternyata banyak tamu yang datang dengan membawa bantuan seperti pensil warna, buku gambar, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com