Kompas.com - 07/10/2016, 21:22 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran wisata Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) kembali digelar untuk fase kedua tahun 2016. Kali ini GATF diselenggarakan serentak di 18 kota besar Indonesia pada tanggal 7-9 Oktober 2016. 

"Pelaksanaan GATF ini merupakan pelaksanaan tahun kedelapan. GATF pertama kali dilaksanakan tahun 2009, dimana ini merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan pariwisata nasional," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo, saat pembukaan GATF 2016 periode kedua di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (7/9/2016).

Dalam penyelenggaraan periode kedua tersebut, pihak penyelenggara GATF mengincar 80.000 pengunjung dengan target penjualan mencapai Rp 225 miliyar. Menurut Arif, penyelenggaraan GATF terbilang efektif memberikan kontribusi bagi keuntungan perusahaan. 

"Dari segi persentase sebenarnya tidak terlalu tinggi sekali.  Tapi dari segi persepsi cukup besar karena menstimulisasi demand," kata Arif.

Arif mengaku selama tiga hari penyelenggaraan GATF, pihaknya berhasil mencapai transaksi 30 juta dollar AS atau 10 persen dari penjualan Garuda Indonesia dalam satu bulan.

"Kalau dalam tiga hari sudah sepuluh persen penjualan dalam sebulan, Ini menjadi satu yang cukup fantastis, menarik orang, dan memberi persepsi jika Garuda Indonesia tidak mahal dan dikemas dengan akomodasi dan atraksi lainnya," kata Arif.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya yang juga hadir dalam acara pembukaan menyarankan Garuda Indonesia untuk menyelenggarakan pameran wisata via online.

"Kalau GATF ini dilakukan online maka dapat more digital more global, tiket Garuda Indonesia bisa dibeli dari seluruh dunia," kata Arief.   

Garuda Indonesia Travel Fair periode kedua mengambil tema Digital Experience yang juga dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi pelanggan dalam merencanakan perjalanan dengan menggunakan kemudahan teknologi berbasis aplikasi dan situs resmi dari Garuda Indonesia.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.