Kompas.com - 08/10/2016, 20:10 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri
JAKARTA, KOMPAS.com - Dicecar keluhan apalagi dimarahi oleh orang lain bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Namun ketika pekerjaan Anda berhubungan dengan jasa, mau tak mau risiko itulah yang harus dihadapi. Misal, profesi pramugari dan pramugara yang sangat rentan di-complain oleh para penumpang saat menjalani tugas. 
 
"Di-complain itu biasa, seperti masalah persediaan makanan (jenis hidangan) habis sudah biasa," kata Rima, salah satu pramugari Garuda Indonesia yang ditemui KompasTravel dalam acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) fase 2 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (9/10/2016).
 
Hanya saja, yang membuat tak biasa adalah ketika penumpang mulai membandingkan dengan maskapai penerbangan lain.   
 
"Kalu rute internasional ada penumpang yang meminta seperti minuman alkohol merek tertentu yang ada di maskapai lain. Mungkin di maskapai lain ada, tetapi di kami (Garuda Indonesia) tidak ada. Sampai yang complain mengeluarkan kata-kata kasar, itu pernah," kisah Rima. 
 
Inilah saat profesionalitas sebagai seorang pramugari diuji sata bertugas. "Kami biasa koordinasi dulu dengan kru lainnya. Kami harus menunjukkan apa yang jadi ciri khas dari penerbangan kita," tambahnya. 
 
Berhubung terjadi di rute internasional dengan jam penerbangan panjang, lanjut Rima, maka secara perlahan ia dan rekan sesama pramugari lainnya tetap mengkontak penumpang yang complain tersebut.
 
"Sedikit-sedikit, kami terus keep touching dengan mereka dan mengontrol penumpang tersebut. Kami tanya terus, apakah ada yang bisa dibantu, bagaimana penerbangan mereka. Alhamdulillah selama ini, mereka bisa menerima apa yang kami berikan yang sebelumnya di luar ekspetasi mereka,"kata Rima. 
 
Garuda Indonesia selama tiga tahun berturut-turut mendapat penghargaan The World's Best Cabin Crew dari Skytrax, mengalahkan ratusan maskapai penerbangan dari seluruh dunia. Awak kabin Garuda Indonesia terkenal paling menyenangkan dan membantu selama penerbangan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.