Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pramugari Tenangkan Anak yang Menangis di Pesawat

Kompas.com - 10/10/2016, 17:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak menangis saat di pesawat dapat membuat orang tua panik. Sebab jika tangisan anak semakin menjadi, suaranya akan terdengar oleh seluruh orang di kabin tersebut. Hal ini tak pelak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Sebagai pramugari atau pramugara yang terbilang sering menghadapi situasi ini, ternyata ada beberapa langkah yang mereka lakukan untuk menenangkan sang anak. Rupanya, ada kiat bagi para orang tua yang membawa balita saat naik pesawat.

"Biasanya kami harus lihat orang tuanya dulu. Kami pramugari tak boleh langsung pegang atau sentuh anaknya begitu saja untuk mendiamkan anaknya," kata Via, pramugari Garuda Indonesia kepada KompasTravel di acara Garuda Indonesia Travel Fair, JCC, Sabtu (8/10/2016).

Setelah bertanya pada orang tua apa yang dapat dibantu, menurut Via umumnya pramugari akan membawakan anak mainan sebagai pengalih dan penghibur anak tersebut. "Dikasih mainan yang memang sudah disediakan di pesawat. Kita juga bertanya apa anaknya haus atau lapar," kata Via. 

Saran Via, saat naik pesawat bersama si buah hati, ada baiknya orang tua jangan panik. Karena jika orang tua panik, besar kemungkinan si anak akan menangis semakin kencang. 

Apabila cara pengalihan sang anak dengan memberi mainan masih tak juga mempan, Via memaparkan tips lainnya.

"Kalau saya perhatikan, banyak orang tua yang menenangkan anaknya dengan cara mendiamkan sang anak. Nanti anaknya akan berhenti menangis karena kelelahan dan tidur sendiri," kata Via. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com