Kompas.com - 12/10/2016, 14:12 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Sebuah toilet umum di Hunan, China, tempatnya di tempat wisata Shiyan Lake Ecology Park menawarkan pengunjungnya pengalaman yang berbeda saat berada di toilet tersebut. Hampir seluruh dinding toilet itu transparan alias tembus pandang. Sebut saja mulai dari dinding, langit-langit, dan lantai bilik toilet.

Saat buang air besar dan kecil, pemandangan Danau Shiyan bisa terlihat. Tak perlu takut atau malu, karena tak sepenuhnya toilet itu transparan.

"Sebagian dari kaca, dari lantai ke kursi toilet, sedikit buram, melindungi pengguna dari orang-orang yang mungkin ingin menyelinap dan mengintip dari luar," sebuah pernyataan dari pihak pengelola seperti dikutip dari CNN Travel.

Toilet umum di Shiyan Lake Ecology Park baru dibuka pekan lalu. Hal itu bertepatan dengan hari libur nasional di China ketika jutaan masyarakat China memanfaatkan waktu satu minggu pergi berlibur ke seluruh negeri.

Tanggapan netizen

Pengguna media sosial di China turut melontarkan komentar tentang toilet tersebut. Lebih dari 14.000 komentar yang diposting di situs berita China QQ.com sejak toilet tersebut dibuka.

"Semua pemburu nafsu birahi kemudian akan tinggal di toilet," tulis seorang pengguna bernama Fong.

Sementara pembaca bernama Lin bertanya tentang siapakah yang berani pergi ke toilet yang gila dan mengerikan ini. Beberapa pengguna lainnya mempertanyakan maksud dari desainer toilet tersebut.

"Toilet adalah tempat pemandangan lain. Seperti keunggulan dalam arti itu," tulis pengguna Weibo, Qiu.

Toilet umum yang hampir transparan ini sebenarnya bukan yang pertama kali di China. Menurut media setempat, toilet laki-laki di provinsi Guilin selatan menawarkan toilet yang terpasang di depan dua dinding kaca yang bisa melihat pemandangan flora, fauna, dan pegunungan kejauhan di luar.

Namun, provinsi Hunan mungkin terlebih dahulu untuk membangun toilet dengan kaca-kaca yang hampir transparan. Hunan juga menjadi tempat jembatan kaca yang menempel di tebing dan jurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.