Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biodiversitas Hutan Nantu Dipromosikan sebagai Destinasi Wisata Terbatas

Kompas.com - 14/10/2016, 05:28 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Kekayaan hayati suaka Margasatwa Nantu di Provinsi Gorontalo akan dipromosikan sebagai wisata terbatas.

Daya tarik hutan Nantu adalah satwa endemik Sulawesi seperti babi rusa, anoa, julang sulawesi, macaca hecki, kusksus beruang, dan flora eksotis.

“Kementerian kami sudah memberi ruang untuk dilakukan wisata terbatas di hutan suaka margasatwa Nantu sebagai wisata alternatif di Gorontalo,” kata Syamsuddin Hadju, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Seksi II Gorontalo saat melakukan rapat koordinasi dengan pemangku dunia pariwisata di Dinas Perhubungan Pariwisata Kominfo Provinsi Gorontalo, Kamis (13/10/2016).

Wisata Hutan Nantu perlu dibuka untuk mengeksplorasi lokasi ini sebagai hutan hujan tropis yang masih perawan, hutan ini ditumbuhi aneka flora raksasa seperti pohon rao dan ekaliptus.

Hutan ini adalah rumah bagi banyak satwa unik khas Wallacea, antara daratan Asia dan Australia.

“Untuk melihat satwa unik ini tidak sulit karena ada kolam lumpur Adudu yang setiap saat didatangi berbagai macam satwa untuk menikmati garam mineral,” kata Syamsuddin.

Kedatangan satwa menikmati mineral di Adudu ini adalah atraksi yang menarik. Jika beruntung pengunjung dengan mudah melihat langsung beberapa spesies barada dalam satu lokasi.

“Kami berupaya untuk mengenalkan hutan Nantu sebagai rumah satwa khas Sulawesi," tambah Syamsuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com