Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Chappy Hakim
KSAU 2002-2005

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

Musical Instrument Museum, 15.000 Alat Musik yang Menyatukan Manusia

Kompas.com - 16/10/2016, 09:46 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorHeru Margianto

Di antara beraneka ragam macam museum, ternyata ada juga museum yang memperagakan sekian banyak instrumen musik yang berasal dari berbagai penjuru atau pelosok dunia.

Museum tersebut, satu diantaranya adalah MIM (Musical Instrument Museum). MIM terletak di Phoenix, Arizona, dan secara resmi telah dibuka untuk umum sejak tahun 2010.

Museum ini tercatat sebagai museum alat musik terbesar di dunia dengan koleksi lebih dari 15.000 alat musik berbagai jenis yang dikumpulkan dari berbagai negara dan mewakili semua benua.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Brazil, Meksiko, China, India dan Rusia bahkan menampilkan berbagai macam alat musik yang berasal dari penduduk suku bangsa asli masing-masing.

Pendiri museum ini adalah Robert J Ulrich, seorang Amerika kelahiran tahun 1944 mantan CEO dan Chairman dari “Target Operation” sebuah perusahaan retail kondang dan terbesar kedua di Amerika Serikat.

Ulrich, adalah seorang kolektor barang-barang seni Afrika yang bersama dengan temannya, Marc Felix, mendirikan museum ini. Keduanya terinspirasi setelah mengunjungi museum alat musik di Brussel, Belgia.

Rancang bangun MIM dikerjakan dengan banyak meniru dan bahkan dikonsultasikan dengan para ahli pada museum sejenis yang ada di Perancis, Musée de la Musique.

Biaya pembangunannya sebesar 250 juta dolar AS, terdiri dari dua lantai yang dirancang dengan penuh pencahayaan dan desain yang amat canggih.

Alat musik tiap negara, baik yang modern maupun asli, ditampilkan dalam sebuah layar datar hight resolution dengan suguhan atraksi yang menarik.

Alat pemandu nirkabel

Para pengunjung museum dapat menikmati dengan mendengarkan suara dari aneka ragam alat musik tersebut melalui alat pemandu berupa headset yang tersambung secara nirkabel dengan televisi-televisi itu.

Pengunjung tidak memerlukan bantuan operator.  Sistem suara dan sajian di layar monitor bekerja secara otomatis.

Pada saat pengunjung selesai membayar tiket masuk, mereka akan menerima alat pemandu nirkabel lengkap dengan headset-nya.

Setiap orang akan menerima sebuah alat pemandu nirkabel yang sudah dalam keadaan “on”. Volume suara dapat diatur sesuai selera masing-masing menggunkan tombol yang sangat mudah dilakukan.

Museum ini mengoleksi lebih dari 15.000 instrumen musik yang berasal dari tidak kurang 200 negara di segala penjuru bumi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com