Karnaval Budaya Meriahkan Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton

Kompas.com - 17/10/2016, 15:02 WIB
Karnaval budaya ramaikan Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Minggu (16/10/2016). Terlihat salah satu peserta menampilkan tarian mangaru dalam karnaval budaya. KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKEKarnaval budaya ramaikan Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Minggu (16/10/2016). Terlihat salah satu peserta menampilkan tarian mangaru dalam karnaval budaya.
|
EditorI Made Asdhiana

BAUBAU, KOMPAS.com – Dalam memeriahkan Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton, Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menampilkan karnaval budaya, Minggu (16/10/2016). Karnaval ini diikuti ribuan peserta dari sekolah maupun instansi pemerintah.

“Karnaval ini bagus sekali, banyak model fashion yang digunakan dan indah-indah semua. Ada juga tarian mangaru tarian khas dari daerah buton sendiri,” kata seorang warga, Yeni.

Beberapa peserta ada yang menampilkan fashion yang terbuat bahan daur ulang dan ada juga peserta yang menampilkan fashion paduan kain khas Buton sendiri.

Karnaval budaya tidak saja hanya menampilkan budaya Buton sendiri, dalam karnaval ini juga menampilkan budaya daerah lain seperti budaya Bugis Makassar, Jawa dan juga Bali.

“Tadi ada penampilan budaya dari Bali dan dari Makassar. Bagus juga acara karnaval budaya ini, kita jadi tahu budaya dari daerah lain juga,” ujarnya.

Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton diselenggarakan guna memperingati Hari Jadi ke-475 Kota Baubau dan HUT ke-15 Kota Baubau sebagai Daerah Otonom tahun 2016. Kegiatan yang dilakukan seperti ritual adat tentang Batu Poaro sebagai situs sejarah dalam Keraton Buton.

“Kita melestarikan tradisi, dalam festival ini kita promosi menjual potensi kita, banyak terdapat kegiatan budaya baik untuk karnaval budaya dan juga terdapat beberapa ritual adat,” kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham.

Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton dilaksanakan selama seminggu, 10-17 Oktober 2016.

Ali mengharapkan dalam festival tersebut dapat menarik wisatawan berkunjung ke Kota Baubau, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X