Menjelajahi Keindahan Teluk Mayalibit di Raja Ampat

Kompas.com - 18/10/2016, 10:21 WIB
Kampung Lopintol di Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat. Kompas.com/Silvita AgmasariKampung Lopintol di Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat.
|
EditorI Made Asdhiana

WAISAI, KOMPAS.com - Pesona Raja Ampat di Papua Barat tak habis untuk dieksplor. Ada banyak destinasi yang patut dikunjungi, kaya akan keindahan alam dan kearifan lokal.

Salah satu wilayah Raja Ampat, di Waigeo yang menarik untuk dikunjungi adalah Teluk Mayalibit. Di Teluk Mayalibit, ada beberapa titik destinasi yang dapat dikunjungi wisatawan seperti berikut ini:

1. Kampung Lopintol

Kampung Lopintol terkenal akan kearifan lokal yakni penangkapan ikan lema dengan cara tradisional. Saat musim panen ikan, warga akan berkumpul membuat kurungan ikan dari batu dan di malam hari akan menangkap ikan dengan cara menyedoknya dengan berbagai alat.

Dalam semalam setengah ton ikan lema dapat dipanen warga. Tentunya sangat menarik melihat dan ikut serta saat penangkapan ikan lema di Kampung Lopintol.

Namun acara penangkapan ikan dimulai di malam hari, sehingga pilihannya wisawatan dapat bermalam di rumah penduduk atau berlayar di malam hari.

Kompas.com/Silvita Agmasari Tugu Kemaluan di Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat.

2. Tugu Kemaluan

Namanya destinasi ini memang mengundang tanya. Ternyata saat sampai di lokasi, KompasTravel mendapati dua stalagtit dengan bentuk menyerupai alat kelamin pria. Penduduk sekitar percaya ketika menempatkan koin atau rokok di tugu kemaluan dan memohon dengan tulus, maka permohonan dapat terkabulkan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Air Jatuh di Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat.
3. Air Jatuh

Disebut 'Air Jatuh' karena bentuknya seperti air terjun, namun dengan ketinggian sekitar 50-100 sentimeter. Air Jatuh adalah air tawar dari gunung, yang kemudian jatuh di laut sehingga menjadikan wilayah ini berair payau dan bewarna hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X