Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Muslim Indonesia, Silahkan Datang ke Korea

Kompas.com - 21/10/2016, 23:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Selatan melalui badan pariwisata Korea Tourism Organization (KTO) kembali mengincar pasar wisatawan Muslim, termasuk wisatawan Muslim asal Indonesia. KTO meluncurkan kampanye "Muslim Friendly Korea" secara global termasuk untuk wisatawan Indonesia.

Indonesia dipandang pasar besar untuk paket ramah Muslim Korea. President KTO Jung Chang Soo menuturkan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar pariwisata Muslim terbesar. Oleh karena itu, pihaknya ingin mengampanyekan kembali bahwa Korea Selatan merupakan destinasi wisata yang ramah untuk wisatawan Muslim.

"Sebanyak 190.000 wisatawan Indonesia berkunjung ke Korea," tuturnya dalam sebuah acara jamuan makan malam di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Salah satu bentuk promosi yang akan dilakukan adalah festival makanan Halal yang akan berlangsung pada November 2016 ini. Sebagai gambaran, di Korea Selatan sendiri terdapat 15 masjid termasuk Masjid Raya Seoul yang terletak di ibu kota Korea Selatan, Seoul.

Sementara itu, terdapat 14 halal certified restaurant yaitu restoran yang sudah memiliki sertifikasi Halal yang dikeluarkan oleh Korea Muslim Federation. KTO sendiri juga sudah meluncurkan buku Muslim Friendly Restaurants in Korea dalam bentuk cetak maupun bisa diunduh di situs resmi KTO.

Selain itu, KTO juga telah meluncurkan aplikasi Halal yang bisa diunduh bagi pengguna smartphone Android maupun iPhone. Aplikasi bertajuk HalalKorea tersebut memuat informasi arah kiblat, Al Quran, lokasi masjid, lokasi restoran halal, sampai scanner untuk barcode produk apakah produk tersebut halal atau tidak.

Selain itu, Korea Selatan juga akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018, tepatnya akan berlokasi di PyeongChang. Menurut Jung, PyeongChang tengah mempersiapkan diri menerima kedatangan wisatawan.

"Pastinya pengunjung ingin berkunjung, tidak hanya saat Olimpiade, tetapi sebelum dan pasca Olimpiade," katanya.

Tahun ini, KTO memperkirakan terdapat 250.000 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan. Tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Korea Selatan sempat mengalami penurunan karena wabah MERS yang terjadi di negara tersebut. Walau begitu, data dari KTO menyebut tahun lalu Indonesia menduduki peringkat 9 dalam hal jumlah kunjungan wisatawan asing yang berkunjung ke Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com