Kompas.com - 24/10/2016, 09:07 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar makanan Korea saatnya ke Korea Selatan akhir bulan ini. Sebab pada 1 November sampai 10 Desember 2016 akan diselenggarakan Halal Restaurant Week.

Festival makanan halal ini tentu saja cocok untuk wisatawan Muslim, termasuk asal Indonesia. Sebelumnya Presiden Korea Tourism Organization (KTO), Jung Chang Soo, pada jamuan makan malam di Jakarta, Senin (17/10/2016) menyebutkan bahwa KTO meluncurkan kampanye "Muslim Friendly Korea".

(Baca juga: Turis Muslim Indonesia, Silahkan Datang ke Korea)

"Ada sekitar 700.000 turis Muslim yang berkunjung ke Korea. Tahun ini kami harapkan bisa mencapai 900.000," katanya.

KTO akan mengadakan Halal Restaurant Week mulai 1 November sampai 10 Desember untuk mengakomodir wisatawan Muslim dengan informasi yang mereka butuhkan terkait restoran ramah Muslim di Korea, serta berbagai acara lainnya.

Dalam siaran pers disebutkan bahwa buklet kupon akan dibagikan kepada wisatawan Muslim dalam acara yang diadakan di bandara Incheon, Insadong, beberapa pusat informasi wisatawan yang telah ditunjuk, dan kantor cabang KTO di negara-negara Muslim.

Tiket penukaran dapat diunduh di laman Visit Korea untuk ditukarkan dengan buklet kupon asli. Buklet ini menyediakan informasi tentang 97 restoran ramah Muslim yang tersebar di seluruh Korea, kupon untuk buy one get one, menu-menu yang didiskon, makanan dan minuman gratis, serta informasi lainnya. Selain itu, tersedia juga suvenir dan sampel produk bersertifikat halal.

Restoran yang berpartisipasi dalam festival ini diklasifikasikan menjadi empat kategori: halal cetified, self certified, Muslim friendly, pork free, seperti dijelaskan dalam buku yang dirilis KTO, Panduan Makanan untuk Muslim.

Halal certified merujuk pada restoran yang disertifikasi halal oleh Korea Muslim Federation; Self certified merujuk pada restoran yang dimiliki oleh Muslim; Muslim friendly merujuk pada restoran yang menyediakan pilihan makanan halal tetapi masih menjual alkohol; sedangkan pork free adalah restoran yang tidak menawarkan menu halal tetapi tidak memakai babi dalam menu mereka.

Berbagai kesempatan untuk memenangkan hadiah akan tersedia bagi wisatawan yang menggunakan kupon dan berbagi pengalaman mereka di akun media sosialnya. Halal Restaurant Week merupakan bukti usaha pemerintah Korea untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan Muslim dan merupakan tanda bahwa Korea semakin ramah terhadap Muslim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.