Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Hotel untuk Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 25/10/2016, 09:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Persiapan liburan akhir tahun harus disiapkan dari sekarang. Mulai dari itinerary, memesan tiket pesawat atau transportasi lainnya, juga hotel tempat menginap.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan soal penginapan, terutama saat liburan akhir tahun. Mulai dari pemilihan, pemesanan, dan hal-hal lain.

Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa berbagi beberapa tips memilih hotel untuk liburan akhir tahun. Simak tips berikut ini.

Ulasan di Online Travel Agent

Menurut Gaery, ada baiknya wisatawan memilih hotel berdasarkan ulasan. Ia mengatakan ulasan bisa didapatkan melalui pengguna Online Travel Agent.

Dalam melihat ulasan tersebut, lanjut Gaery, foto-foto kamar lebih baik diperhatikan dengan seksama. Hal itu disebabkan karena foto yang diunggah di situs OTA bisa berbeda dengan kenyataan aslinya.

"Jangan percaya dari foto dari hotel. Kita lihat dari foto traveler. Karena foto hotel bisa jadi ada misleading," jelas Gaery.

ThinkStock ILUSTRASI - Kamar hotel
Booking Last Minute?

Berbeda dengan pemesanan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel justru bisa dipesan last minute. Menurut Gaery, wisatawan bisa diuntungkan dalam pemesanan hotel secara last minute atau saat-saat menjelang hari H menginap.

Dengan keadaan last minute, menurut Gaery, wisatawan bisa mendapatkan harga yang relatif murah. Hal itu lantaran hotel biasanya akan menurunkan harga sewa kamar agar tetap terisi.

Memilih hotel melati?

Jika ingin menginap hotel melati seperti guesthouse, pastikan Anda memilih yang memiliki resepsionis 24 jam. Hal itu untuk mencegah Anda tak bisa menginap lantaran tak ada orang di resepsionis.

Gaery menyebutkan, hal itu beberapa kali diketahui terjadi menimpa wisatawan yang menginap di guesthouse. Ia menyebutkan, tak jarang wisatawan yang datang pada malam hari ke guesthouse.

Pilih dekat tempat berlibur

Jika ingin menginap di tempat liburan, tentukan letak yang strategis. Anda bisa menentukan tempat menginap dekat lokasi wisata.

Gaery menyebutkan contoh, jika ingin berlibur di Kota Batu, lebih baik Anda menginap di sekitarnya. Hal itu menghindari macetnya menuju Kota Batu jika menginap di Kota Malang.

Pemilihan tempat tersebut juga bertujuan untuk menghemat waktu perjalanan menuju tempat wisata. Berlibur tapi dihantui kemacetan juga bukan hal yang menyenangkan bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com