Pertama Kali ke Raja Ampat? Ini yang Harus Anda Tahu

Kompas.com - 25/10/2016, 21:08 WIB
Destinasi wisata Pianemo, di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANADestinasi wisata Pianemo, di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja Ampat, Papua Barat menjadi destinasi impian dari banyak orang. Namun sebelum Anda membulatkan tekad untuk berkunjung ke Raja Ampat, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui guna menjadi pertimbangan dan persiapan yang matang.

KompasTravel dalam acara Festival Lovely Raja Ampat yang diselenggarakan pada tanggal 18-21 Oktober 2016 di Pantai Waisai Torang Cinta, Raja Ampat merangkum beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika berkunjung ke Raja Ampat seperti berikut ini:

1. Raja Ampat wilayah kepulauan yang luas

Raja Ampat adalah Kabupaten di Papua Barat yang terdiri dari 1.864 pulau. Empat pulau besar tumpuan Raja Ampat adalah Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Wilayah Raja Ampat 80 persen meliputi perairan dan 20 persen adalah daratan.

Pelajari peta Raja Ampat sebelum Anda merencanakan liburan, ini menjadi pengetahuan dasar yang berguna untuk memilih tempat menginap, bujet transportasi, sampai rute wisata.

2. Tarif wajib masuk Raja Ampat

Raja Ampat memberlakukan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL), yang bermanfaat untuk kegiatan pengawasan dan monitoring konservasi, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan Kabupaten Raja Ampat. TLPL dipatok Rp 500.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara.

(Baca juga Sebelum Wisata ke Raja Ampat, Ketahui Tarif Wajib Ini)

3. Biaya Transportasi yang mahal

Karena wilayah Raja Ampat berupa kepulauan dan harga BBM yang masih mahal, akhirnya mempengaruhi harga sewa perahu motor untuk wisata. Bisa dibilang, biaya sewa perahu motor adalah pos bujet terbesar saat wisata di Raja Ampat.

Misalnya perjalanan dari Waisai, kota kabupaten Raja Ampat ke Piayenemo dihargai Rp 8 juta untuk perahu motor bermuatan 10-12 orang. Untuk menekan bujet transportasi, pergilah ke Raja Ampat secara berkelompok alias rombongan.

AUDREY ROIT Desa wisata Arborek di Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X