Kompas.com - 27/10/2016, 09:24 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ada yang menarik saat berkunjung di Festival Kopi Lego yang digelar di Desa Gombeng, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Ada minuman yang dikenalkan kepada masyarakat petani di Desa Gombeng yaitu Cascara, yang terbuat dari kulit buah kopi. Festival Kopi Lego (Lerek Gombengsari) sendiri digagas oleh masyarakat Desa Gombeng untuk mengenalkan produksi kopi daerah mereka.

Selain diikuti oleh wisatawan, festival tersebut juga dihadiri oleh para penggiat kopi di Banyuwangi dan Jawa Timur.

(BACA: Rujak Kelang Khas Muncar Banyuwangi, Rasanya Campur-campur)

Lia Zen, penggiat kopi asal Sidoarjo kepada KompasTravel, Rabu (27/102016), menjelaskan sengaja mengenalkan cascara dengan harapan para petani di Desa Gombengsari bisa memproduksi cascara sehingga penghasilan mereka bertambah.

"Selama ini biasanya kulit buah kopi yang dibuang begitu saja. Padahal kalau diolah dan dimanfaatkan bisa memiliki daya jual yang tinggi. Apalagi penjualan cascara ini prospeknya cukup bagus ke depannya," kata Lia.

Apalagi saat ini jumlah coffee shop di kota kota besar termasuk Banyuwangi sudah mulai bertambah. Selain itu, dengan mengolah cascara, petani menjadi disiplin memetik kopi yang berwarna merah karena cascara hanya bisa dibuat dari kulit buah kopi yang benar-benar matang.

Jika kulit buah kopi masih hijau atau kekuning-kuningan maka rasa dari cascara tidak maksimal.

(BACA: Kabar Gembira, Penerbangan Langsung Jakarta-Banyuwangi Segera Dibuka)

Perempuan yang juga menjadi konsultan coffee shop tersebut menjelaskan cara membuat cascara cukup sederhana yaitu kulit buah kopi dipisahkan dengan biji kopinya. Lalu kulit buah kopi yang berwarna merah dijemur di panas matahari dengan para para sehingga mendapatkan udara langsung dari bawah dan atas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.