Kompas.com - 31/10/2016, 18:10 WIB
Icon Raja Ampat menjual oleh oleh khas Raja Ampat. Kompas.com/Silvita AgmasariIcon Raja Ampat menjual oleh oleh khas Raja Ampat.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

SORONG, KOMPAS.com - Pulang dari Raja Ampat, Papua Barat rasanya kurang pas jika tak bawa buah tangan. Sebab selain berjarak cukup jauh, Raja Ampat tentunya memberi kenangan dari keindahan alam dan keramahan warga setempat.

Apabila ingin membeli oleh-oleh khas Raja Ampat, wisatawan dapat berkunjung ke salah satu gerai yang khusus menjual suvenir. Nama gerai tersebut adalah Icon Raja Ampat yang terletak di Jalan RA Kartini nomor 33, Sorong, Papua Barat.

"Sebenarnya ada tiga gerai. Satu di Sorong, dua lagi di Waisai tepatnya dekat pelabuhan dan Jalan Barakuda di perumahan 100. Tapi saya lebih rekomendasi di sini (Sorong), karena lebih besar dan banyak pilihan model juga ukuran," kata pemilik toko, Stanley yang ditemui di tokonya, Minggu (23/10/2016).

Stanley mengaku gerainya di Sorong lebih ramai pengunjung, sebab wisatawan lebih banyak berbelanja saat transit di kota tersebut. Sementara di Raja Ampat, wisatawan sibuk berwisata di alam.

Gerai Icon Raja Ampat menjual aneka souvenir khas Raja Ampat seperti kaus, topi, tas, gantungan kunci, tempelan kulkas, dan lain-lain.

Kompas.com/Silvita Agmasari Icon Raja Ampat menjual oleh oleh khas Raja Ampat.

"Selama ini toko oleh-oleh Papua biasanya menjual koteka, noken, atau patung. Itu sebenarnya khas Papua gunung. Sedangkan Raja Ampat itu pantai, jadi saya lebih banyak menjual suvenir seperti kaus," kata Stanley.

Dari pantauan KompasTravel, kaus dengan sablon bergambar dan bertuliskan tema Raja Ampat yang paling diincar oleh pengunjung.

"Kaus di sini buatan Bandung semuanya," tambah Stanley.

Bandung yang dikenal sebagai kota distro memang terkenal sebagai penghasil kaus dengan kualitas bahan dan sablon yang baik. Kisaran harga yang dipatok oleh Stanley untuk kaus Raja Ampat berkisar Rp 110.000 - Rp 130.000 tergantung model dan ukuran. Ada juga gantungan kunci atau tempelan kulkas yang dihargai Rp 10.000-Rp 20.000.

Icon Raja Ampat, Sorong buka mulai pukul 08.00-21.00 WIT. Jika berkunjung di siang hari, pengunjung dapat berpose di mural bertuliskan Raja Ampat di halaman gerai Icon Raja Ampat. Di seberang gerai Icon Raja Ampat juga terdapat toko suvenir yang menjual aksesoris khas Papua seperti koteka dan noken.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X