Ini 5 Destinasi Tersembunyi di Lereng Gunung Salak

Kompas.com - 05/11/2016, 11:46 WIB
KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Pengunjung asyik berfoto di Curug Cigamea di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

BOGOR, KOMPAS.com - Bagi Anda yang suka melancong ke Bogor, Jawa Barat, mendengar Puncak dan Gunung Gede-Pangrango mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana dengan wisata ke Gunung Halimun Salak?

Bagi yang bertualang taka da salahnya jika Anda menelusuri salah satu lereng gunung di Bogor yang menyimpan beberapa destinasi wisata menarik.

Gunung Salak lebih dikenal dengan nuansa “gelap”-nya, terlebih pernah menjadi tempat jatuhnya pesawat beberapa tahun lalu. Namun, ternyata di lereng Gunung Salak tersembunyi berbagai lokasi wisata yang menarik dan berpotensi ramai pengunjung.

(BACA: 5 Oleh-oleh Kuliner Klasik Bogor yang Wajib Dibawa Pulang)

KompasTravel merangkum lima destinasi wisata yang tersembunyi di kaki gunung yang terakhir kali meletus tahun 1600-an ini. Berikut rangkumannya.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Pengunjung di antara dua air terjun, Curug Cigamea (kiri) dan Curug Cimudal (kanan) di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
1. Berendam di Gemericik Asrinya Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, dan masuk ke dalam kawasan Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS), Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke sana Anda dapat melewati jalur utama, yaitu lewat Lewiliang.

Sebenarnya ada enam curug atau air terjun di kawasan ini yang dijadikan obyek wisata. Namun Curug Cigamea menjadi primadonanya. Selain karena pemandangannya yang indah, akses menuju Curug Cigamea tergolong mudah.

(BACA: Kota Bogor, Tetirah di Kota Mozaik Sejarah)

Untuk masuk ke obyek wisata tersebut, Anda perlu masuk terlebih dahulu ke KTNGHS dengan membayar Rp 5.000, lalu tiket masuk ke obyek wisata seharga Rp 7.500 per orang.

Dari pintu masuk menuju curug, sepanjang jalan Anda disuguhkan rindangnya pepohonan hijau hingga satwa hutan seperti monyet. Di akhir pekan, jangan lewatkan mencoba flying fox dengan tiket Rp 20.000 untuk menikmati panorama Curug Cigamea dari ketinggian.

M LATIEF/KOMPAS.com Salah satu hal bisa dilakukan para orang tua penggemar kemping dan naik gunung untuk mengobati rasa kangen ala "tempoe doloe" adalah kemping bersama keluarga di Gunung Bunder, Gunung Salak, Jawa Barat.
2. Berkemah di Alam Gunung Bunder Bersama Keluarga

Gunung Bunder yang berada di kaki Gunung Salak, tepatnya di wilayah Cibatok, Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu area berkemah.

Pemandangannya yang indah, lengkap dengan beberapa curug, dan lokasi yang mudah di jangkau membuat tak hanya pendaki yang berkemah di sini. Berbagai keluarga banyak yang sengaja menghabiskan akhir pekannya di alam ini.

Bagi yang memilih sekadar berkemah santai bersama keluarga, areal perkemahan ini cocok dijadikan alternatif liburan. Khusus yang doyan naik gunung, dari area inilah pendaki juga bisa ke Kawah Ratu atau beberapa puncak Gunung Salak.

Halaman:


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X