Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lari Keliling Gili Trawangan, Gubernur NTB Kenalkan "Sport Tourism"

Kompas.com - 06/11/2016, 06:06 WIB
Karnia Septia

Penulis

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.com - Olahraga lari kini bisa menjadi alternatif untuk menikmati keindahan alam obyek wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Gili Trawangan misalnya, menikmati keindahan Trawangan bisa dilakukan wisatawan sambil melakukan aktivitas olahraga seperti berlari, bersepeda, berenang, menyelam hingga berkuda.

"Gili ini juga mulai dikenal dengan sport tourism, jadi bisa menjadi tempat untuk wisata olahraga," kata Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGH M Zainul Majdi, Sabtu (5/11/2016).

Dalam rangkaian acara Festival Pesona Gili Indah tahun ini, Zainul ikut berlari dalam 10K Gili Coast Trail Color Run bersama puluhan peserta lari lainnya. Para peserta berlari keliling Gili Trawangan dengan start dan finish di sunset point.

Selama berlari, peserta ditantang untuk menyusuri pantai dan naik turun bukit. Di beberapa titik, peserta diguyur dengan tepung warna-warni sambil terus berlari.

Zainul mengatakan, selain ingin mengenalkan wisata olahraga, ia juga ingin mengajak semua yang ada di Gili baik penduduk maupun pengunjung untuk menjaga pola hidup yang sehat.

"Jadi hal-hal yang bisa merusak seperti narkoba dan hal-hal yang lain, misalnya terlalu marak minuman keras itukan pola hidup yang kurang baik. Jadi olahraga di Gili ini sinyal, bahwa kita ingin di Gili ini pola hidupnya lebih sehat," kata Zainul.

Sementara itu, Frank Malonda promotor dan penyelenggara Lombok Marathon 2016 mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Lombok Marathon 2016.

"Kita harapkan ini menjadi ajang pemanasan buat teman-teman yang terlibat juga dan berlari juga pada Lombok Marathon 2016 tanggal 4 Desember nanti," kata Frank.

Dia mengatakan, dengan konsep sport tourism seperti ini para peserta diharapkan bisa menikmati daerah-daerah wisata lain yang ada di Pulau Lombok dengan berlari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com