Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup 8 Menit, Ini Rute Penerbangan Internasional Terpendek di Dunia

Kompas.com - 06/11/2016, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Austria mencatat sejarah pada Rabu lalu dengan menyelesaikan rute internasional terpendek di dunia.

Waktu yang dibutuhkan hanya delapan menit. Seperti dikutip dari Travel+Leisure, Austrian People’s Air Group mengawali penerbangannya bersejarah itu dari St. Gallen-Altenrhein, Swiss, ke Friedrichshafen, Jerman.

Rekor delapan menit tersebut memecahkan rekor dunia sebelumnya yaitu penerbangan 10 menit dari Wina ke Bratislava, Slowakia. Penerbangan antara Swiss dan Jerman tersebut dijadwalkan dua kali dalam sehari.

Tiket pesawat rute itu sekitar 40 euro atau sekitar Rp 584.000 sekali jalan. Jarak rute tersebut sekitar 20 kilometer.

Selain pesawat, pilihan transportasi lain antara kedua kota tersebut adalah dengan berkendara mobil selama satu jam mengelilingi Danau Constance. Bisa juga naik kereta selama dua jam.

"Stopover ini akan menguntungkan baik turis maupun commuter yang bekerja di dua sisi danau ini,” Danel Steffen, CEO of Austrian People's Air Group, kepada CNN.

Namun, penerbangan ini juga memunculkan kontroversi. Menurut situs berita Local, kritik antara lain bahan bakar pesawat untuk rute tersebut dipandang tidak sebanding dengan lama penerbangan itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com