Kompas.com - 06/11/2016, 21:08 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

RAJA Ampat menjadi salah satu tempat wisata impian, tidak hanya untuk masyarakat Indonesia tetapi juga mancanegara. Raja Ampat terletak di timur Indonesia yaitu Papua Barat.

Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat menyimpan banyak tempat wisata mengagumkan yang layak menjadi pilihan destinasi liburan. Ada apa saja tempat wisata di Papua?

Danau Sentani

Jika di Sumatera ada Danau Toba, di Papua ada Danau Sentani. Danau ini berada 50 km dari pusat kota Jayapura. Ini merupakan danau terluas dan terbesar di Papua dengan luas 9000 hektar lebih.

Ada 22 pulau kecil dan 24 desa yang mengelilingi danau Sentani ini. Dengan latar cagar alam penggunungan Cyclops di sebelah utara, danau ini memiliki keindahan alami.

Dalam danau ini ada sekitar 30 spesies ikan air tawar. Setiap tahunnya, tepatnya bulan Juni akan ada Festival Danau Sentani. Akan ada atraksi dari suku-suku lokal, tarian khas Papua, sampai kegiatan lainnya.

SURJATUN WIDJAJA Penyelam bersama hiu paus (whale shark) di Teluk Cendrawasih, Papua Barat, Senin (17/8/2015).
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
 
Luasnya mencapai 1.453.500 hektar dan 90 persen di antaranya berupa perairan. Lokasinya berada di dua kabupaten yaitu Wondama dan Nabire.

Sejak diresmikan tahun 1993, ada kurang lebih 200 terumbu karang, 196 moluska, 209 jenis ikan, 5 jenis reptil, 37 jenis burung, dan 183 fauna darat.

Selain bisa menikmati alam bawah lautnya, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa pulau kecil yang tersebar di Taman Nasional ini seperti Pulau Mioswaar, Pulau Yoop, Pulau Numfor, dan masih banyak lagi.

BARRY KUSUMA Festival Lembah Baliem di Kabupaten Wamena, Papua, berlangsung 6-8 Agustus 2015.
Lembah Baliem

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.