Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Manfaatkan "Google App" Saat Liburan

Kompas.com - 08/11/2016, 10:06 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Saat traveling ke sebuah daerah terutama destinasi yang baru pertama kali dikunjungi, pasti Anda menyiapkan banyak hal termasuk itinerary. Kini, para wisatawan bisa mencari tempat-tempat baru dan beragam informasi lainnya lewat Google App.

Apa itu Google App dan seperti apa kelebihannya untuk wisatawan? Google App adalah aplikasi besutan Google yang bisa melakukan pencarian berdasarkan perintah suara. Mulai akhir 2014 aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia.

Dengan Google App, Anda tinggal memasukkan perintah suara tanpa harus mengetik. Aplikasi ini pun memungkinkan Anda langsung mengontak teman atau kerabat yang ada di Contact List, serta melakukan pemesanan taksi dan ojek online tanpa lebih dulu masuk ke aplikasi yang bersangkutan.

(BACA: Bagaimana "Google Trips" Membantu Kita Saat "Traveling"?)

"Sebetulnya tak hanya untuk wisatawan, tapi juga warga kota tersebut yang ingin mencoba hal dan menyambangi tempat baru, misal di akhir pekan," tutur Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami kepada KompasTravel di sela-sela kegiatan #SelaluTauYangSeru di Domicile Restaurant, Surabaya, Senin (7/11/2016).

Sedikitnya ada empat cara maksimal menggunakan Google App agar berguna, bahkan menjadi "asisten pribadi" saat liburan. Berikut daftarnya.

1. Gunakan perintah suara. Saat sedang melakukan aktivitas yang menggunakan dua tangan, misal menyetir mobil, Anda bisa mencari informasi lewat perintah suara. Teknologi voice search pada Google App telah diperbarui untuk bisa memahami aksen dan bahasa tidak baku.

Misal, saat liburan ke Surabaya, bukalah Google App dan katakan "OK Google, rawon dekat sini." Perlu diperhatikan, fitur voice search akan bekerja maksimal dalam bahasa Indonesia. Sebelum menggunakannya, masuklah ke menu 'setelan' kemudian 'bahasa penelusuran' dan ubah menjadi Bahasa Indonesia.

Lengkapi langkah selanjutnya dengan masuk ke pilihan 'Suara'. Pilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dan simpan pengaturan.

2. Mencari spot baru dan pengalaman berbeda di destinasi tujuan. Google App dapat membantu menemukan informasi seputar hal-hal unik di kota yang Anda kunjungi. Misal Anda tengah berkunjung ke Surabaya dan mencari spot foto yang unik. Katakanlah, "OK Google, spot foto baru di Surabaya."

Selain itu, Google App juga bisa menginformasikan prakiraan cuaca. Anda tinggal bertanya, "Apakah hari ini akan hujan?" dan Google App akan menjawab lengkap dengan suara berbahasa Indonesia.

3. Menemukan rute jalan terbaik dan mode transportasi. Google App telah terintegrasi dengan Google Maps. Hal ini memudahkan Anda dalam merencanakan perjalanan tanpa harus membuka beberapa aplikasi tersebut.

Coba katakan, "Arah ke bandara," dan Google App akan membeberkan rute terbaik serta pilihan moda transportasi. Anda bisa mengetahui beberapa pilihan transportasi umum mulai dari taksi, bus, ojek dan taksi online, sampai Transjakarta secara real time.

4. Membantu melakukan hal kecil. Dengan memberi perintah suara pada Google App, Anda bisa menyetel timer atau alarm, mengirim SMS, atau melakukan panggilan telepon.

"OK Google, telepon Mama." Begitu misalnya.

Namun, untuk sms dan telepon sampai saat ini baru tersedia pada perangkat Android. Veronica mengatakan, secepatnya akan mengaplikasikan fitur tersebut pada perangkat iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com