Kompas.com - 09/11/2016, 08:45 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

RAJA AMPAT, KOMPAS.com - Setiap sudut di Raja Ampat, Papua Barat terasa meninggalkan kesan tersendiri. Seperti obyek wisata Pianemo yang termasuk di distrik Waigeo Barat Kepulauan. Ada gugusan batuan karst yang terlihat "berserakan" di atas laut.

Tak jauh dari Pianemo, masih ada pemikat wisatawan untuk datang. Ia adalah Pulau Rufas. Di pulau ini terdapat laguna jernih serta pasir putih yang menghampar.

(BACA: Laguna Pulau Rufas, Mutiara Tersembunyi di Raja Ampat)

Walau terletak di tengah perairan laut Raja Ampat, wisatawan di sini bisa "menghilang" sejenak di Pulau Rufas. Bagaimana caranya?

Di Pulau Rufas terdapat penginapan berbentuk rumah panggung tradisional khas Raja Ampat yang bisa mengakomodasi kebutuhan penginapan wisatawan. Penginapan dengan dinding batang sagu dan beratap daun sagu berdiri di Pulau Rufas.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Kasur di dalam kamar penginapan berbentuk rumah panggung tradisional khas Raja Ampat di Pulau Rufas, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (1/11/2016). Di Pulau Rufas, wisatawan bisa menikmati laguna jernih, berenang, snorkeling di sisi dermaga pulau, dan juga mendaki bukit karst Pulau Rufas.
Pemilik penginapan di Pulau Rufas, Soleman Kapisai menyebut dua rumah penginapannya yang masing-masing memiliki dua kamar. Setiap kamarnya berukuran 2,5 meter x 2 meter.

Di kamar penginapan sederhana milik Soleman, tersedia dua kasur lengkap dengan bantal juga guling. Sebuah jendela tersedia untuk memudahkan pertukaran udara.

(BACA: Kisah Asal Usul Nama "Pianemo" di Raja Ampat)

"Penginapan ini sudah saya bangun dua tahun. Baru dua kali yang menginap. Pertama tiga orang, yang kedua tujuh orang. Semuanya dari Australia," jelas Soleman saat berbincang dengan wartawan di sela-sela acara paket wisata bahari "Let's Go Raja Ampat" PT Pelni beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Toilet duduk di penginapan berbentuk rumah panggung tradisional khas Raja Ampat di Pulau Rufas, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (1/11/2016). Di Pulau Rufas, wisatawan bisa menikmati laguna jernih, berenang, snorkeling di sisi dermaga pulau, dan juga mendaki bukit karst Pulau Rufas.
Meski berada di tengah laut, fasilitas listrik, makanan, minuman, dan air bersih akan tersedia untuk tamu. Soleman akan menyediakan pasokan air bersih dan kebutuhan tamu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.