Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menerapkan Total Branding di WTM London

Kompas.com - 14/11/2016, 06:40 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Inggris adalah salah satu kiblat sepak bola dunia, dengan total football-nya. Kompetisi Liga Inggris masih menempati TV right paling mahal dan paling diminati.

Cara bermain bola yang atraktif, keras, cepat, inilah salah satu yang menginspirasi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk mem-branding World Travel Market (WTM) London dalam dua tahun ini.

“Untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, tidak mungkin ditempuh dengan cara–cara biasa,” kata Arief Yahya saat berbincang di Pavilion Wonderful Indonesia di London ExCeL Exhibition, 1 Western Gateway, Royal Victoria Dock, London Docklands.

Pada 7-9 November 2016 Kemenpar betul-betul bermain “total branding” di London.

Siaran pers Kemenpar kepada KompasTravel, Sabtu (12/11/2016), menyebutkan logo Wonderful Indonesia mendominasi venue, baik di area Asia yang berkumpul pelaku bisnis pariwisata Asia, maupun di berada kawasan tempat pameran benua lain.

Dari antrean orang membeli tiket sebelum pintu masuk, sudah terpampang brand Wonderful Indonesia menempel bersama logo World Travel Market sebagai penyelenggara pameran pariwisata nomor 2 terbesar dan paling berpengaruh di dunia itu.

ARSIP KEMENPAR Pavilion Wonderful Indonesia di World Travel Market (WTM) London yang berlangsung di London ExCeL Exhibition, 1 Western Gateway, Royal Victoria Dock, London Docklands, 7-9 November 2016.
Di koridor besar, sebelum memasuki area paviliun tempat masing-masing negara memamerkan potensi wisata andalannya, juga menggantung big screen LED yang memutar TVC Wonderful Indonesia.

Cukup efektif dilihat oleh pesera pameran dan pengunjung karena koridor itu adalah satu-satunya akses menuju ke venue. Di tengah koridor panjang itu juga ada deretan kafe tempat orang duduk berlama-lama yang bisa menatap LED yang diputar berulang-ulang.

Di halaman sebelum pintu masuk ExCel London itu juga ada dua LED. Satu sebagai main gate, satu lagi sebagai ajang media promosi dengan TVC dan sekaligus dijadikan tempat menghangatkan diri ketika sedang berada di luar gedung.

Keberadaan LED yang menampilkan video Wonderful Indonesia itu cukup menghangatkan orang-orang yang suka berkumpul di outdoor, karena dalam empat hari terakhir suhu di London cukup ekstrem, dingin dan berangin.

Branding Wonderful Indonesia betul-betul mengepung arena World Travel Market London, 7-9 November itu.

ARSIP KEMENPAR Pavilion Wonderful Indonesia di World Travel Market (WTM) London yang berlangsung di London ExCeL Exhibition, 1 Western Gateway, Royal Victoria Dock, London Docklands, 7-9 November 2016.
Hal lain yang tak kalah menarik adalah branding berjalan yang keliling Kota London, yakni Black Cab Taxi. Ada 400 taksi khas di Kota London yang mempertahankan bentuk dan modelnya selama ratusan tahun itu dibungkus dengan stiker logo dan foto-foto destinasi Indonesia.

Ada yang bertema culture, penari Bali, perempuan Bali dengan susunan buah di atas kepala, Candi Borobudur, rumah adat Toraja, dan lainnya. Juga ada nature, Raja Ampat, Papua.  

Ke-400 taksi itu tidak hanya berkeliling seputar venue, tetapi menyebar ke seluruh sudut kota London. Black Cab Taxi memang bukan hanya menjadi alat transportasi di Kota London tetapi juga ajang promosi, media yang berkeliling kota dengan membawa brand.

“Ini sangat efektif berpotensi menjadi viral di media sosial dan dibicarakan di mana-mana,” kata Arief Yahya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com