Kompas.com - 14/11/2016, 21:18 WIB
Chef on Board di kabin First Class, Garuda Indonesia. DOK.GARUDA INDONESIAChef on Board di kabin First Class, Garuda Indonesia.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan mesti memahami kebutuhan penumpang. Seperti salah satunya melalui pelayanan makanan dan minuman. Hal itu diungkapkan oleh Chairman Asia Pacific Onboard Travel (APOT) ASIA, Bambang Sujatmiko. 

"Layanan di penerbangan itu ada yang namanya pre-flight, in flight, dan post-flight. Kita ingin concern di touch point di layanan in flight yang menyentuh pengguna jasa penerbangan. Dari duduk, baca material penerbangan, dan makanan," kata Bambang saat dihubungi KompasTravel, Senin (14/11/2016).

Ia menyebutkan layanan-layanan tersebut hanya ada di pesawat-pesawat berjenis Airbus dan Boeing.

"Makanan itu adalah penunjang dari layanan penerbangan. Dalam perjalanan jarak jauh (long haul), tak mungkin kalau tak ada layanan in flight. Traveler itu bukan hanya naik pesawat, tapi juga ingin menikmati layanan di dalam pesawat," jelasnya.

(BACA: Cukup 8 Menit, Ini Rute Penerbangan Internasional Terpendek di Dunia)

Menurutnya, layanan pre-flight dan post-flight bisa dilayani oleh pihak lain. Namun, layanan in-flight seperti makanan dan minuman itu adalah tugas dari maskapai penerbangan.

"Makanan itu adalah kebutuhan dasar manusia. Manusia kalau gak makan bisa mati," tambah Bambang.

Asia Pacific Onboard Travel atau APOT adalah sebuah organisasi nirlaba bertaraf internasional yang mempunyai tujuan menjadi sebuah wadah yang merangkul perusahaan di bidang penerbangan khususnya dan hospitality pada umumnya. APOT memiliki tujuan bersama untuk mempromosikan destinasi Asia dari segi wisata, produk maupun bisnis.

Anggota APOT terdiri dari Airline Inflight Service Management, Airline Inflight Product Suppliers, Airline Caterers, Airline Travel & Sales Management, Media & Network partners dan Hotels & Hotel Management dan Catering Product Supplier yang keanggotaannya tersebut tanpa dipungut biaya apa pun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.