Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Penerbangan Mesti Pahami Kebutuhan Penumpang

Kompas.com - 14/11/2016, 21:18 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan mesti memahami kebutuhan penumpang. Seperti salah satunya melalui pelayanan makanan dan minuman. Hal itu diungkapkan oleh Chairman Asia Pacific Onboard Travel (APOT) ASIA, Bambang Sujatmiko. 

"Layanan di penerbangan itu ada yang namanya pre-flight, in flight, dan post-flight. Kita ingin concern di touch point di layanan in flight yang menyentuh pengguna jasa penerbangan. Dari duduk, baca material penerbangan, dan makanan," kata Bambang saat dihubungi KompasTravel, Senin (14/11/2016).

Ia menyebutkan layanan-layanan tersebut hanya ada di pesawat-pesawat berjenis Airbus dan Boeing.

"Makanan itu adalah penunjang dari layanan penerbangan. Dalam perjalanan jarak jauh (long haul), tak mungkin kalau tak ada layanan in flight. Traveler itu bukan hanya naik pesawat, tapi juga ingin menikmati layanan di dalam pesawat," jelasnya.

(BACA: Cukup 8 Menit, Ini Rute Penerbangan Internasional Terpendek di Dunia)

Menurutnya, layanan pre-flight dan post-flight bisa dilayani oleh pihak lain. Namun, layanan in-flight seperti makanan dan minuman itu adalah tugas dari maskapai penerbangan.

"Makanan itu adalah kebutuhan dasar manusia. Manusia kalau gak makan bisa mati," tambah Bambang.

Asia Pacific Onboard Travel atau APOT adalah sebuah organisasi nirlaba bertaraf internasional yang mempunyai tujuan menjadi sebuah wadah yang merangkul perusahaan di bidang penerbangan khususnya dan hospitality pada umumnya. APOT memiliki tujuan bersama untuk mempromosikan destinasi Asia dari segi wisata, produk maupun bisnis.

Anggota APOT terdiri dari Airline Inflight Service Management, Airline Inflight Product Suppliers, Airline Caterers, Airline Travel & Sales Management, Media & Network partners dan Hotels & Hotel Management dan Catering Product Supplier yang keanggotaannya tersebut tanpa dipungut biaya apa pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com