Kompas.com - 15/11/2016, 09:20 WIB
Lembah Shosenkyo Gorge di Yamanashi, Jepang. Destinasi wisata ini menjadi incaran seluruh turis. 
BARRY KUSUMALembah Shosenkyo Gorge di Yamanashi, Jepang. Destinasi wisata ini menjadi incaran seluruh turis.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang memberlakukan bebas visa bagi wisatawan Indonesia untuk berlibur ke negara tersebut. Dengan fasilitas bebas visa (visa waiver), wisatawan bisa mengunjungi Jepang selama 15 hari.

Untuk mendapatkan visa waiver tersebut persyaratan hanya diberikan khusus kepada wisatawan Indonesia yang memiliki paspor eletronik (e-paspor).

(BACA: Kapan Sebaiknya Perpanjang Paspor?)

Cara mengurus visa waiver, Anda bisa mendatangi Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang atau Kantor Konsulat Jepang di Indonesia. Bila Anda sibuk, Anda bisa mengurus visa waiver melalui agen perjalanan yang telah terdaftar resmi.

Berikut cara mengurus visa waiver di Kedubes Jepang, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

1. Siapkan Dokumen

Tak perlu banyak-banyak membawa dokumen. Anda cukup membawa e-paspor untuk mendapatkan bebas visa ke Jepang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Waktu Kedatangan

Kedubes Jepang memberikan batasan waktu untuk mengurus visa dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

BARRY KUSUMA Perkebunan anggur di Yamanashi, Jepang. Tidak hanya jenis anggur lokal saja yang ada tetapi berbagai jenis anggur dari belahan dunia mana pun ada di Yamanashi. Wisatawan bisa memetik anggur di sini.
Tiba di gedung kedubes, petugas sekuriti akan memeriksa barang bawaan anda dengan teliti. Setelah itu, Anda dipersilakan masuk dan diminta mempersiapkan KTP untuk ditinggalkan di petugas sekuriti. Selanjutnya Anda diberi bukti khusus telah menukarkan KTP atau identitas lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X