Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OLX dan AirAsia Bagi-bagi Tiket Gratis Liburan ke Singapura

Kompas.com - 17/11/2016, 16:30 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis


KOMPAS.com - Menjual barang bekas lewat situs jual beli online OLX kini tak hanya mendatangkan keuntungan finansial. Penjual di situs web ini juga berkesempatan mendapat tiket gratis untuk liburan ke Singapura dari AirAsia lewat program "Bekas Jadi Liburan".

"Program ini merupakan lanjutan payung program sebelumnya, yaitu 'Bekas Jadi Apapun'. Untuk program ini kami bekerja sama dengan AirAsia," kata Chief Executive Officer OLX Indonesia, Daniel Tumiwa, saat membuka acara penandatanganan kerja sama OLX dan AirAsia di kantor OLX, Menara Sentraya, Jakarta Selatan, Kamis (17/11/2016).

Selama program berlangsung, mulai dari 17 November 2016 sampai 19 Desember 2016, penjual dapat mengumpulkan poin dari tiap penjualan di situs web OLX. Pemenang akan ditentukan lewat akumulasi perolehan nilai poin.

Hadiah yang ditawarkan program "Bekas Jadi Liburan" ini adalah masing-masing dua tiket pesawat AirAsia dari dan ke Jakarta-Singapura untuk 8 pemenang. Selain gratis tiket, tiap pemenang akan dibekali uang saku sebesar Rp 2 juta.

Melalui program tersebut, menurut Daniel, diharapkan pengguna OLX juga masyarakat Indonesia pada umumnya semakin terdorong untuk memanfaatkan barang bekas, terutama saat merencanakan liburan bersama keluarga.

"Masyarakat Indonesia sekarang kan sudah cukup cerdik dalam memperhitungkan kebutuhan hidupnya," ucap Daniel.

Dia pun memberikan contoh dari dirinya sendiri. Pengalamannya menjual barang bekas, jika dihitung-hitung, aku Daniel, bisa mendatangkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Hasil penjualan ini kemudian dapat menambah dana liburan keluarga.

"Saya kan punya anak empat. Banyak sekali barang tidak terpakai di rumah, seperti televisi, hoverboard, atau sepeda," tutur Daniel.

KOMPAS.com/Adhis Anggiany Putri Siswanto Perwakilan OLX dan Air Asia sedang menandatangani kesepakatan kerja sama. Nantinya, program "Bekas Jadi Liburan" diharapkan dapat menjaring peserta hingga 6.000 orang.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Marketing officer OLX Indonesia, Edward Kilian Suwignyo, turut mengutarakan tujuan program tersebut. Menurut dia, yang paling utama adalah terjadi perubahan kebiasaan di masyarakat.

"Mereka jadi mengerti bahwa untuk mencapai ambisi (termasuk berlibur) bisa dicapai dengan cara lebih mudah," kata Edward.

Sama visi

Kerja sama antara OLX dan AirAsia tersebut, ungkap Edward, tercetus—salah satunya—berdasarkan kesamaan visi.

Dua perusahaan ini sama-sama punya tujuan untuk membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mewujudkan impian—seperti berlibur—tanpa terkendala dana.

"Visi OLX ini sesuai dengan tagline kami, yaitu 'Everyone Can Fly'. Karena kami memang rutin memberikan beragam promo, terutama lewat platform digital di website kami," tutur Head of Marketing AirAsia Indonesia, Yohanes Heraldo, pada kesempatan yang sama.

Terbukti, ujar Yohanes, banyak pelanggan AirAsia merupakan first time flyer atau baru pertama kali mencicipi layanan transportasi udara. Fenomena ini, ujar dia, merupakan salah satu buah usaha AirAsia menawarkan promo harga tiket.

Tak hanya visi, Yohanes juga mengungkapkan bahwa AirAsia dan OLX mempunyai kedekatan karakteristik konsumen yang sama-sama suka bertransaksi secara digital.

Sejak 12 tahun berdiri, lanjut Yohanes, pembelian tiket pesawat secara online terus meningkat hingga mencapai lebih dari 70 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com