Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Restoran Ini Sajikan Masakan Padang ala Jepang

Kompas.com - 21/11/2016, 10:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Nasi padang bukan merupakan menu yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Meski masakan daerah, nyatanya nasi padang menjadi menu favorit di tiap lapisan masyarakat.

Saking familiarnya, warung atau restoran yang menjual menu masakan padang amat mudah dijumpai di berbagai kota. Salah satunya Kota Semarang, Jawa Tengah.

Di kota ini bukan hal sulit untuk menemui restoran padang, tapi ada satu yang cukup berbeda dari yang lain. Namanya Restoran Padang Plus.
 
Restoran ini menjadi unik karena cara penyajiannya yang berbeda dari restoran padang kebanyakan.

(BACA: 5 Fakta Unik Seputar Rumah Makan Padang)

Bila pada umumnya, menu-menu di restoran padang disajikan dengan menumpuk berbagai macam menu di satu meja, di sini pelanggan bebas memilih menu yang diinginkan.

Seperti prasmanan, tetapi jika pengunjung restoran ingin memilih menu, tinggal pilih apa yang disajikan dalam meja berputar atau conveyor yang lazim digunakan pada masakan sushi di restoran jepang.  

TRIBUN JATENG/MAULANA RAMADHAN Restoran Padang Plus di Jalan Depok 46, Semarang, Jawa Tengah.
“Masakan padang kan hampir disukai semua orang. Kami tertarik menggabungkan konsep penyajian dengan conveyor seperti di restoran jepang. Selain penyajiannya berbeda, kalau di restoran padang lainnya, satu piring kan bisa berisi banyak, yang makan boleh ambil kemudian sisanya kan diambil lagi. Kalau di sini sudah jelas per porsinya, di tiap piring yang berputar,” ujar Faisal Idris, Manajer Operasional Padang Plus.

Penyajian dengan conveyor dilakukan jika pembeli ingin memilih menu komplet. Tetapi pembeli juga bisa langsung memesan satu jenis menu atau menu paket, tanpa perlu memilih menu di atas conveyor.

Restoran Padang Plus sudah berdiri sejak tahun 2006. Menurut Faisal, awalnya dirinya dan teman-temannya tertarik untuk membuat restoran Jepang. Namun di tahun 2006 menu jepang belum begitu familiar di Semarang sehingga muncul konsep percampuran antara menu lokal dengan penyajian ala Jepang.

Masakan padang dipilih karena rasanya yang sudah dikenal masyarakat secara luas.

Selain penyajian dengan conveyor, yang membuat restoran ini semakin terlihat jepang adalah tersedia menu paket bento.

Bento merupakan sajian makanan dengan kotak bekal ala jepang. Di paket bento, menu yang disajikan tetap masakan padang, tetapi menggunakan kotak bento.

Untuk menu makanan, tersedia sebanyak 50 jenis menu. Selain menu-menu umum seperti ayam bakar, rendang, dan gulai tunjang terdapat juga menu khas Padang plus.

TRIBUN JATENG/MAULANA RAMADHAN Conveyor menyajikan berbagai menu masakan padang di Restoran Padang Plus, Jalan Depok 46, Semarang, Jawa Tengah.
Yang cukup khas di sini adalah sate ayam padang, di mana umumnya sate padang menggunakan daging sapi. Ada juga olahan rendang seperti bakso rendang dan martabak rendang.

Tidak hanya sebagai restoran, Padang Plus juga menyediakan ruangan pertemuan di lantai 3. Total Padang Plus memiliki 3 lantai di mana lantai 1 dan 2 berfungsi sebagai restoran.

Untuk harga pembeli tidak perlu khawatir, harga tiap menu sudah tertera di masing-masing piring yang menggunakan warna berbeda. Setiap jenis menu menggunakan piring dan warna yang berbeda. Restoran ini terletak di Jalan Depok 46, Semarang dan buka mulai pukul 07.00 – 21.30 WIB. (Tribun Jateng/Maulana Ramadhan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com