Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2016, 14:46 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga independen pemeringkat penerbangan, Skytrax bulan Juli 2016 menobatkan Asiana Airlines sebagai maskapai kelas ekonomi dengan katering makanan terbaik di dunia.

KompasTravel berkesempatan untuk mencicipi hidangan Asiana Airlines di udara saat pergi dan pulang dari Korea Selatan dalam rangka Halal Restaurant Week Fam Tour oleh Korea Tourism Organization, 13-18 November 2016.

Asiana Airlines terkenal dengan hidangan khas Korea Selatan, salah satu yang paling terkenal ada bibimbap atau nasi campur sayuran dengan saus gojuchang alias pasta ketan dan cabai fementasi.

Dalam penerbangan pergi dari Jakarta (13/11/2016), hidangan bibimbap tak tersedia. Pramugari memberi sandwich atau roti isi di awal penerbangan dan kemudian meminta penumpang memilih omelette atau bubur.

Saya cukup terkejut, karena jarang mendapati hidangan bubur sebagai bagian menu pesawat. Jatuhlah pilihan ke bubur khas Korea.

Bubur ini disajikan dalam suhu hangat dengan topping abalone (sejenis kerang), dan jamur yang sudah tercampur rata dengan bubur. Untuk meningkatkan rasa dan harum, ada minyak wijen sachet yang disediakan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Hidangan bubur di Asiana Airlines.
Rasanya? cukup memuaskan. Sebab rasa bubur tak hambar, dengan sajian topping yang royal, serta porsi yang mengenyangkan. Apalagi ditambah hidangan pendamping lain, yakni roti, yoghurt, dan buah-buahan. Namun demikian, bagi saya rasa hidangan ini belum dapat mewakilkan gelar bergengsi yang didapat dari Skytrax.

Pada penerbangan pulang dari Seoul, Jumat (18/11/2016), pramugari Asiana Airlines meminta saya untuk memilih, "Mau nasi goreng atau bimbimbap?" Saya tentu memilih bibimbap, menu khas Korea Selatan sekaligus Asiana Airlines.

Hadirlah satu mangkuk berisi sayuran warna-warni seperti wortel, timun, jamur, tauge, dengan daging sapi di bagian tengah. Kemudian ada nasi dengan porsi yang cukup besar, pasta gojuchang dalam kemasan, kimchi atau sayuran fermentasi korea, dan buah-buahan. Ada satu mangkuk yang kemudian ditarik oleh pramugari saat ia menghidangkan makanan ke saya.

Kompas.com/ Silvita Agmasari Panduan untuk menyantap bibimbap di Asiana Airlines.
Di nampan makanan, tersedia kertas panduan cara membuat bibimbap dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang. Sampai ada keterangan saus gojuchang cukup pedas, sehingga lebih baik menaruh sedikit demi sedikit. Panduan ini sangat bermanfaat bagi orang yang pertama kali makan bibimbap.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+