Kompas.com - 22/11/2016, 15:01 WIB
Salah satu provider SIM card lokal di Dubai yang menjual paket SIM card untuk turis. KOMPAS.com/NI LUH MADE PERTIWI FSalah satu provider SIM card lokal di Dubai yang menjual paket SIM card untuk turis.
|
EditorI Made Asdhiana

DUBAI, KOMPAS.com — Cara terbaik untuk tetap terhubung selama di Dubai, Uni Emirat Arab, adalah dengan membeli SIM card lokal. Dengan menggunakan SIM card lokal, Anda bisa mengirim kabar melalui telepon atau SMS ke keluarga dan kerabat di Indonesia.

Selain itu, Anda tidak perlu tergantung pada WiFi gratis terus-menerus. Sebagian besar hotel dan mal ataupun kafe di Dubai memiliki jaringan WiFi gratis. Namun, akan menjadi sulit jika Anda bepergian ke banyak tempat.

Umumnya, banyak pula wisatawan Indonesia yang memilih mengaktifkan roaming internasional dari nomor Indonesia agar tidak perlu membeli SIM card lokal. Sementara itu, pilihan membeli SIM card lokal Dubai sebenarnya bisa lebih murah.

(BACA: Kapan Waktu Terbaik Pelesir ke Dubai?)

Hal itu terlebih lagi jika yang Anda perlukan hanyalah sekadar agar tetap terhubung ke dunia maya. Misalnya, sekadar mengunggah status baru di media sosial atau berkomunikasi via Whatsapp untuk memberi kabar.

Ada dua provider lokal yang bisa dipilih, yaitu Du dan Etisalat. Keduanya menawarkan paket data yang penuh keuntungan untuk wisatawan.

Anda bisa membeli paket SIM card Du ataupun Etisalat di Bandara Dubai. Jadi, sesampai di bandara, cari gerai penjualan SIM card yang terletak di area penjemputan. Loket keduanya berdekatan dengan loket-loket penukaran valas.

KOMPAS.com/NI LUH MADE PERTIWI F Wisatawan berfoto dengan latar belakang Burj al-Arab yang merupakan sebuah hotel mewah di Dubai, Uni Emirat Arab.
Mana yang perlu dipilih? Keduanya sama-sama direkomendasikan. Pilih saja loket mana yang antreannya paling sepi.

Ketika tiba di Dubai, Minggu (20/11/2016), saya memilih membeli SIM card Du karena saat itu antrean loketnya lebih sepi dibanding untuk Etisalat. Sama seperti Etisalat, operator Du juga menawarkan paket khusus untuk turis.

Di loket, biasanya petugas Du langsung menawarkan paket Tourist Plan SIM. Paket prabayar ini harganya 55 dirham Emirat (sekitar Rp 182.000). Jangan lupa saat membeli, Anda harus menunjukkan paspor untuk verifikasi data pengguna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X