Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Abaikan Instruksi Keselamatan dari Pramugari...

Kompas.com - 22/11/2016, 21:45 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Walau Anda sudah sering naik pesawat, tetaplah perhatikan instruksi keselamatan yang disampaikan awak kabin. Hal tersebut diungkapkan Linda, trainer awak kabin bagian keselamatan dari Emirates, maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab. 

Sebelum menjadi pelatih, Linda yang berasal dari Malaysia adalah seorang pramugari. Linda menuturkan penumpang kerap tak memperhatikan instruksi keselamatan yang biasa disampaikan sebelum pesawat lepas landas. 

"Walaupun Anda sudah sering naik pesawat, misalnya sudah naik pesawat lebih dari 25 kali, Anda tetap harus memperhatikan instruksi keselamatan yang disampaikan awak kabin. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Walaupun memang naik pesawat merupakan moda transportasi paling aman," jelas Linda kepada KompasTravel di sela-sela kunjungan media Indonesia di fasilitas pelatihan awak kabin Emirates, di kantor Emirates Aviation College - Crew Training, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (21/11/2016).

BACA JUGA: 8 Maskapai dengan Seragam Pramugari Paling Stylish

Apalagi, lanjutnya, setiap maskapai penerbangan sebenarnya menerapkan prosedur keselamatan yang berbeda. Selain itu, setiap tipe pesawat juga memiliki prosedur yang berbeda-beda, misalnya lokasi pintu darurat. 

Linda juga menuturkan, penting bagi penumpang untuk selalu memasang sabuk pengaman.

"Selalu pakai sabuk pengaman, walau tidak dalam kondisi turbelensi," tutur Linda. 

Ia juga mengingatkan penumpang untuk selalu mengikuti petunjuk awak kabin. Misalnya ketika awak kabin meminta penumpang untuk kembali ke tempat duduk dan memasang sabuk pengaman. Patuhi dan segera lakukan. Hal ini penting untuk keselamatan penumpang di dalam pesawat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com