Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terhanyut Romantisme Sungai Han di Seoul

Kompas.com - 23/11/2016, 10:17 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Malam itu di tepi Sungai Han, bulan purnama memancarkan sinar dengan sempurna, terpantul air sungai yang bewarna hitam pekat. Suasana hening dengan udara dingin yang menusuk pori membuat angan membumbung tinggi masuk ke lorong rindu. 

Lamunan saya buyar, setelah pasangan di dekat saya mulai berkasih mesra, tertawa geli. Ya, lebih baik pikir-pikir kalau ingin datang sendirian ke Sungai Han di Seoul pada malam hari. Tahan mental untuk tak terbawa perasaan sangat diperlukan. Sebab bisa dibilang, Sungai Han adalah salah satu pojok paling romantis di Seoul.

Sungai Han bukan sungai biasa. Sejarah mencatat, Sungai Han adalah jalur transportasi penting perdagangan dari Korea ke China sejak zaman tiga kerjaan besar Korea, Baekje, Silla, dan Goguyeo. 

(BACA: Hongdae, Tempat Nongkrong Anak Gaul di Seoul)

Di zaman modern, Sungai Han kemudian berubah fungsi menjadi lokasi wisata warga Seoul. Di pagi hari, warga Seoul memulai aktivitas dengan olahraga jogging, bersepeda. Di hari libur mereka bersantai dengan membuka kemah, dan di malam hari mereka datang untuk menikmati suasana romantis Sungai Han. 

Hiasan lampu dengan bentuk hati, di dermaga kapal Ferry Cruise, Sungai Han, Seoul, Korea Selatan.
Saya datang bersama peserta Halal Restaurant Week Fam Tour yang diundang oleh Korea Tourism Organization, Selasa (15/11/2016). Rencananya kami akan naik Hangang River Ferry Cruise, kapal feri yang berlayar dalam waktu singkat untuk menelusuri Sungai Han. 

Namun sebelum naik kapal yang berlayar tiap pukul 17.40 dan 20.40, kami punya waktu bebas. Dermaga yang terletak di jalan 290 Yeouidong-ro, Yeongdeungpo-gu, Seoul ini berada di tepi Sungai Han dan dipenuhi dengan dekorasi apik mendukung suasana romantis. 

Misalnya lampu-lampu dengan konfigurasi hati, bangku untuk pasangan yang dilengkapi bunga berbentuk hati, dan pohon-pohon yang dihiasi lampu warna-warni. Tak heran, banyak pasangan yang memilih menghabiskan malam romantis di sini. 

Dermaga kapal ferry cruise untuk emmulai perjalanan menelusur Sungai Han di Seoul, Korea Selatan.
Saat waktu berlayar tiba, Hangang River Ferry Cruise juga tak kalah romantis. Pemandangan Sungai Han yang terpantul lampu kota Seoul membuat syahdu suasana. Ada pula penampilan super energik dari para komedian yang disediakan oleh pihak kapal untuk menghibur para penumpang. 

Feri ini memiliki dua lantai, lantai satu dengan bagian tertutup dan tepi kaca bening, serta bagian atas yang terbuka. Suhu dingin yang mencapai nol derajat celcius nyatanya tak menyurutkan para pasangan untuk naik ke atas kapal sekedar untuk berselfie dengan latar malam di Sungai Han. 

Untuk ikut serta Hangang River Ferry Cruise selama kurang dari satu jam perjalanan menyelusuri Sungai Han, wisatawan harus membayar tiket seharga 19.000 won atau setara Rp 216.000. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com