Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Indonesia Gemar Bertualang di Sabah, Malaysia

Kompas.com - 24/11/2016, 07:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOTA KINABALU, KOMPAS.com – Wisata alam menjadi alasan utama turis asal Indonesia liburan ke Sabah, Malaysia. Turis Indonesia bertualang ke daerah gunung dan pantai khususnya di sekitar Kinabalu.

“Orang Indonesia datang ke sini (Sabah) untuk bertualang. Biasanya mereka pergi ke pulau. Karena pulau di sini berdekatan dengan kota Kinabalu,” kata Marketing Manager Sabah Tourism Board, Bobby Alex kepada KompasTravel di sela-sela acara “Familiarization Sabah Trip” di Kota Kinabalu beberapa hari lalu.

Ia mengatakan biasanya turis Indonesia pergi ke area Tunku Abdul Rahman National Park seperti Pulau Manukan dan Pulau Sapi. Menurut Bobby, turis Indonesia di pulau-pulau tersebut relatif menikmati waktu di pulau.

“Ada lima pulau (di Tunku Abdul Rahman National Park), tapi itu yang paling terkenal oleh turis Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Bobby, turis Indonesia juga gemar mendaki Gunung Kinabalu. Namun, tak hanya mendaki gunung, turis Indonesia juga beristirahat menikmati suhu dingin dan pemandangan dari kaki Gunung Kinabalu di Kundasang, Ranau, Sabah.

Gunung Kinabalu sendiri berstatus gunung tertinggi di Pulau Kalimantan dan berada di bawah pengelolaan Kinabalu Park. Gunung Kinabalu berketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Marketing Manager Sabah Tourism Board Bobby Alex saat memberikan sambutan acara "Familiarization Trip Sabah" di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Jumat (18/11/2016).
Data Sabah Tourism Board mencatat kunjungan turis Indonesia ke Sabah selama tahun 2014 sebanyak 28.679 kunjungan. Sementara selama tahun 2015 sebanyak 26.149 kunjungan.

General Manager Likas Square Apartement Hotel, David Kong membenarkan pernyataan Bobby. Menurut pengamatannya, turis-turis Indonesia biasanya memang pergi ke pulau dan gunung di Sabah khususnya Kinabalu untuk menikmati pemandangan alam.

“Biasanya turis Indonesia tinggal di sekitar Kinabalu. Mereka rata-rata menginap di Kinabalu selama 3-5 hari. Mereka pergi melihat-lihat kota, pergi ke pulau dan naik gunung,” jelas David kepada KompasTravel di kesempatan yang sama.

Sabah adalah salah satu negara bagian Malaysia yang terletak di Pulau Kalimantan. Sabah bisa diakses menggunakan pesawat secara langsung dari Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com