Kompas.com - 24/11/2016, 13:04 WIB
EditorAmir Sodikin

MELBOURNE, KOMPAS.com - Banyak orang yang memimpikan bisa berlibur ke luar negeri dalam waktu lama, sekaligus bisa bekerja di sana, bahkan bisa kursus singkat di sana. Pemerintah Australia ternyata telah membuka peluang itu dan sudah banyak yang mencobanya.

Merdekawati Evanglie Weken, akrab dipanggil Eka, adalah salah satu pemuda asal Indonesia yang berada di Australia dengan visa jenis working holiday atau visa liburan kerja.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan di Australia, Eka mengaku tidak pernah gengsi dengan berbagai jenis pekerjaannya di sana. Sebaliknya, ia merasa bangga karena berani ambil keputusan untuk mencari pengalaman kerja di Australia.

Eka yang kini berusia 24 tahun memutuskan pergi ke Australia, karena sejak berada di bangku sekolah ia selalu ingin merasakan tinggal di luar negeri. Tiba di Australia bulan Juni 2016 lalu, Eka kini tinggal di Melbourne.

Lewat jenis visa liburan kerja atau working holiday visa yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia, ia merasa kesempatan ini terlalu sayang untuk dilewatkannya. Berikut bincang-bincang Erwin Renaldi dari Australia Plus dengan Eka.

Apa yang menjadi persyaratan tersulit bagi Eka saat mendaftar?

Bagi saya dari segi dana, karena (saat itu) saya pribadi belum memiliki uang sebesar Rp 50 juta. Saya harus berkomunikasi dengan orangtua saya, sehingga puji Tuhan saya diberikan kesempatan bisa menggunakan dana dari orangtua saya sebagai salah satu persyaratan working holiday visa.

Salah satu persyaratan visa ini adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris aktif, atau setara dengan nilai IETLS 4,5. Ini tidak sulit bagi Anda?

Saya melakukan latihan, ikut kursus persiapan. Jadi kalau kita belajar sambil latihan-latihan, pasti nilai 4,5 bukanlah hal yang sulit untuk bisa diraih.

Bagaimana cara Anda mendapat informasi kerja dan apa pekerjaan pertama Anda?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.