Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anambas, Inilah Saingannya Raja Ampat

Kompas.com - 29/11/2016, 15:08 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

TAREMPA, KOMPAS.com - Sebutkan semua ekspektasi Anda saat mendengar kalimat 'kepulauan tropis terbaik di Asia'. Perairan dengan gradasi warna biru yang terlihat jelas, biota laut yang beragam, pulau-pulau berbukit hijau yang tersebar, serta spot-spot untuk snorkeling dan diving yang tak terhingga.

Sampai saat ini, mungkin Raja Ampat di Papua Barat adalah bucket list para wisatawan yang haus akan wisata bahari. Namun di sisi barat Indonesia, terdapat Kepulauan Anambas yang keindahannya sulit dideskripsikan dengan kata-kata.

(BACA JUGA: Wisata Bahari Anambas Siap Saingi Pesona Raja Ampat)

Situs CNN menyebutkan Anambas terutama gugusan Pulau Bawah adalah salah satu kepulauan tropis terindah di Asia. Sama halnya dengan Koh Chang di Thailand, Langkawi di Malaysia, Halong Bay di Vietnam, dan Similan Islands di Thailand. Itu adalah lima destinasi plihan Herman Ho, Managing Director Boat Asia saat digelar pada 2012 dan Stuart McDonald, founder dan editor situs travelfish.org.

Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa mayoritas pulau di Anambas tidak berpenghuni dan menawarkan deretan laguna berwarna biru terang. Tak lupa, koral dan biota laut yang melimpah yang jadi eye candy bagi para penyelam.

Kabupaten Kepulauan Anambas

Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Letaknya di tengah-tengah Laut China Selatan, 150 mil laut dari Batam. Ibu kotanya, Tarempa, terletak di Pulau Siantan dan bisa diakses naik kapal dari Tanjungpinang. Namun beberapa waktu lalu, KompasTravel mengaksesnya dari Batam menggunakan kapal yacht.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Pulau Bawah tengah 'disulap' menjadi resor mewah ramah lingkungan.

Sedikitnya ada enam destinasi di Anambas yang paling populer karena keindahannya: Tarempa, Pulau Penjalin, Pulau Piugus, Pulau Bawah, Pulau Durai, dan Air Terjun Temburun yang memiliki tujuh tingkat. Dari tingkat paling atas, Anda bisa melihat laguna dengan sangat jelas.

Kepulauan Anambas juga memiliki dua shipwreck yakni 'Seven Skies' dan 'Igara', yang kini jadi habitat bagi beragam biota laut. Anambas disebut-sebut menjadi salah satu kepulauan paling alami di barat Indonesia, bersanding dengan Kepulauan Mentawai dan Kepulauan Natuna.

Pulau Bawah

Subjektif dari saya, inilah pulau dengan panorama paling memukau. Secara administratif Pulau Bawah terletak di Desa Kiabu, Distrik Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Riau. Pulau dengan bukit hijau yang menjulang ini tengah 'disulap' menjadi menjadi resort yang mewah dan ramah lingkungan.

Direktur Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat Pulau Bawah Aji Sularso mengatakan Pulau Bawah dan Kepulauan Anambas bisa jadi saingannya Raja Ampat bahkan Maladewa. Satu-satunya resor yang apple to apple dalam hal kemewahan dan privasi adalah Amanwana di Pulau Moyo.

DOK. PT PULAU BAWAH Tent Villa dari resor Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bedanya, Pulau Moyo masih bisa dimasuki wisatawan sedangkan Pulau Bawah hanya untuk turis yang menginap dan tentunya para pekerja. Resor ini rencananya akan dibuka pada April 2017.

Pulau Bawah adalah resor berkonsep ekowisata pertama yang menempati kawasan konservasi perairan di Indonesia Ada lima pulau di sekitar Pulau Bawah, dan segala tindakan eksploitasi perairan telah dilarang. Warga bahkan tidak dibolehkan memancing ikan di lautan.

"Kami berusaha terapkan zero waste ke manapun, termasuk ke lautan," tutur Direktur Komunikasi Penjualan dan Pemasaran PT Pulau Bawah, Bala Navaratnam kepada para jurnalis di Pulau Bawah beberapa waktu lalu.

Dari sisi keindahan alam, Pulau Bawah benar-benar memesona. Deretan pasir putih dengan gradasi perairan biru terhampar di banyak sudut. Terlebih lagi pulau ini memiliki tiga laguna, sebuah keunikan yang jarang ditemukan di pulau-pulau tropis dunia.

Dari atas kapal, Anda sudah bisa melihat warna-warni koral dan berbagai jenis ikan. Dermaga Pulau Bawah bahkan jadi spot populer untuk snorkeling. Jika menyewa kapal dari Tarempa, Anda bisa bersandar di perairan sekitar Pulau Bawah dan mengeksplorasi keindahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com