Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Keju Terbaik di Dunia...

Kompas.com - 30/11/2016, 22:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi "The World Cheese Awards" tahun ini memasuki kali ke-29. Ada 300 keju dari seluruh dunia yang berkompetesi pada acara yang tahun ini diselenggarakan di Spanyol.

Tahun ini pemenangnya adalah produsen keju bernama Tingvollost yang berasal dari Norwegia. Tingvollost memproduksi enam jenis keju. Namun, keju biru Kraftkar produksi mereka yang berhasil memenangkan penghargaan sebagai keju terbaik di dunia.

Keju itu memiliki corak biru yang terbentuk dengan baik. Selain itu teksturnya yang mudah hancur, lembut, dan creamy, menghasilkan sensasi halus saat meluncur di lidah.

Hebatnya lagi, keju Kraftkar mendapatkan nilai tertinggi dibanding 28 keju pemenang tahun-tahun sebelumnya. Mengutip situs Huffington Post, hal ini membuat Kraftkar menjadi "keju terbaik yang pernah dibuat".

Gunnar Waagen, Chairman Tingvollost, terkejut dengan keberhasilan Kraftkar meraih kemenangan. "Saya terkejut, ini sangat fantastis untuk bisnis keluarga yang kecil seperti Tingvollost," katanya.

Semua keju yang mereka produksi dibuat dengan susu pasteurisasi. Susu diolah dari sapi milik Tingvollost. Produsen keju tersebut merupakan bisnis keluarga yang telah dikelola oleh empat generasi yang hidup di peternakan tersebut.

Namun mereka baru mulai membuat keju sekitar 10 tahun yang lalu. Walau hanya punya pengalaman satu dekade, mereka kini mampu memproduksi keju yang membuat penggemar keju ingin segera memesan tiket pesawat ke Norwegia untuk merasakan sendiri kehebatan Kraftkar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com