Kompas.com - 01/12/2016, 19:05 WIB
Aktivitas pekerja di Aerofood ACS di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (30/11/2016). Aerofood merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak menyediakan makanan untuk maskapai. Kompas.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIAktivitas pekerja di Aerofood ACS di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (30/11/2016). Aerofood merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak menyediakan makanan untuk maskapai.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai penyedia jasa katering bagi 18 makapai nasional dan internasional, Aerofood ACS memasok 35.000 porsi makanan per hari. Belum lagi saat musim liburan tiba, jumlah porsi untuk maskapai penerbangan yang berangkat dari Jakarta dapat meningkat 30 persen. Tak heran, jumlah bahan makanan yang digunakan untuk memasak puluhan ribu porsi tersebut terbilang fantastis.

"Dalam sehari kami bisa menghabiskan dua sampai tiga ton ayam. Kami punya multi vendor," kata QA HSE Manager Aerofood ACS, Nuryulianti yang akrab disapa Noey saat kunjungan Aerofood ACS di Cengkareng, Rabu (30/11/2016).

BACA JUGA: Mengintip Isi Kerangkeng Makanan Presiden RI untuk Perjalanan Udara

Sementara itu, jumlah telur yang digunakan melampaui 500 kilogram dalam satu hari. Mengingat banyaknya makanan berbahan dasar telur seperti kue, roti, dan hidangan inti. 

"Kami juga concern ke halal. Semua vendor wajib ada sertifikat halal, terutama untuk material mentah. Seperti pemotongan hewan sapi, ayam, atau bebek," kata Noey. 

Selain halal, Aerofood juga fokus pada mikrobiologi. Pihak Aerofood mengkaji bahan dasar mentah di labolatorium.

"Nanti kami diamkan tiga hari, kalau ditemukan ada yang tidak sesuai dikembalikan ke vendor. Sekalipun dua ton daging sapi, semua harus dikembalikan," kata Noey. 

Kompas.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Aktivitas pekerja di Aerofood ACS di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (30/11/2016). Aerofood merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak menyediakan makanan untuk maskapai.

Aerofood dalam satu hari melayani 400 rute penerbangan baik domestik maupun internasional. Selain itu, Aerofood juga melayani jasa katering untuk rumah sakit dan industrial. Ada 700 karyawan yang terlibat dalam proses produksi makanan, terbagi dalam tiga shift kerja selama 24 jam. 

BACA JUGA: Nasi Goreng, Makanan Favorit Saat Naik Pesawat

Perusahan jasa boga maskapai terbesar di Indonesia ini memiliki cabang di Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Lombok, dan Pekanbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.