Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tipe Turis Indonesia yang Diincar Pariwisata Sabah

Kompas.com - 02/12/2016, 09:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KINABALU, KOMPAS.com - Negara Bagian Sabah, Malaysia, akan memfokuskan pemasaran pariwisata di Indonesia. Sedikitnya ada tiga jenis turis Indonesia yang jadi incaran Sabah.

"Satu, kami akan memasarkan kepada golongan ekspatriat. Ini orang asing yang tinggal dan bekerja di Jakarta," kata Menteri Pelancongan, Kebudayaan, dan Lingkungan Sabah, Datuk Seri Masidi Manjun kepada KompasTravel di sela-sela acara Media Night, Sabah, Malaysia, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Desa Cattle Farm di Sabah, Cocok untuk Wisata Keluarga di Malaysia

Masidi juga mengatakan akan mengincar turis muda yang menyukai kegiatan petualangan seperti mendaki gunung dan menyelam. Ia beralasan, Sabah ingin membuktikan bahwa Negara Bagian tersebut memiliki kemampuan dalam pengelolaan wisata petualangan.

Selain itu, Masidi juga menyebut akan mengincar turis dari kalangan ibu rumah tangga. Mengapa demikian?

"Ibu rumah tangga itu punya purchasing power yang tinggi. Setiap kali saya lihat, istri-istri itu mempengaruhi rumah tangga untuk menentukan di mana hendak berlibur," jelasnya.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Dua pendaki asal Indonesia tengah menyusuri jalur pendakian Gunung Kinabalu, Sabah, Malaysia, Selasa (22/11/2016).
Menurutnya, pasar turis dari kalangan ibu rumah tangga perlu ditumbuhkan. Ia mengatakan selain pergi ke Singapura atau Kuala Lumpur, Sabah juga bisa menjadi destinasi pilihan untuk turis dari kalangan ibu rumah tangga.

"Saya tahu Indonesia memiliki banyak ibu-ibu yang punya kemampuan beli yang besar. Pasar sesuatu yang selain shopping. Karena orang yang punya kemampuan dan ada duit, jangan kata Singapura, Kuala Lumpur. Tapi mereka bisa pergi ke London dan Darwin," paparnya.

Diakui Masidi, Sabah memang belum fokus untuk menggarap segmen pasar wisatawan Indonesia. Ia sendiri membandingkan dengan pengalaman negara-negara lain yang telah fokus dalam memasarkan pariwisata ke Indonesia.

Sabah terletak di sisi utara Pulau Borneo dan saat ini bisa dijangkau langsung dari Jakarta. Sabah menawarkan aktivitas petualangan seperti mendaki Gunung Kinabalu dan menyelam di sekitar area Pulau Gaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com