Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Bajamba, Makan Bersama ala Minangkabau

Kompas.com - 11/12/2016, 19:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada yang dapat mengalahkan sensasi makan bersama di kampung halaman dengan sanak saudara menyantap hidangan yang akrab di lidah. Itulah yang dirasakan oleh Revi perantau dari Sunatera Barat di Jakarta.

Pria kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat ini sengaja hadir ke Festival Jajanan Minang, Sabtu (10/12/2016) yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Revi bersama 20 orang lainnya menyantap hidangan khas Sumatera Barat, yakni sambalado tanak, sambalado jariang, dan ikan sepat goreng.

Namun cara makan Revi dan 20 orang lainnya terbilang tak biasa. Mereka duduk berjajar, saling berhadapan dengan daun pisang di tengah mereka. Daun pisang tersebut adalah alas hidangan santap siap mereka. Tanpa peralatan makan, sendok dan piring, mereka makan bersama.

(BACA: Baru 5 Jam Festival Jajanan Minang Dibuka, Makanan Sudah Ludes Terjual)

Tata cara makan seperti itu disebut makan bajamba di Sumatera Barat. "Saya tahu acara makan bajamba ini dari online. Karena libur saya ikut, lumayan untuk mengobati rindu kampung halaman," kata Revi.

Kompas.com/Silvita Agmasari Makan bajamba, makan bersama khas Minangkabau.

Di kampung halaman Revi, tradisi makan bajamba biasanya ia lakukan saat menghadiri acara pernikahan atau acara adat lainnya. "Hanya biasanya ada piring besar saat makan bajamba. Di sini tak ada," kata Revi.

Teman Revi, Unizar berasal dari Pariaman yang juga ikut makan bajama di Festival Jajanan Minang mengaku senang dengan acara ini. "Tak tahu kenyang atau tidak yang pasti enak makan seperti ini," kata Unizar.

Mereka berdua kemudian mengatakan, "lapeh taragak" yang artinya melepas rindu, rindu kampung halaman, tanah Minang.

Makan bajamba adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia Festival Jajanan Minang 2016. Untuk ikut serta dalam tradisi khas Minangkabau ini, peserta dipungut biaya Rp 50.000 dan mendaftar via online lewat media sosial komunitas Anak-Anak Minang Jabodetabek.

Sayangnya jumlah peserta dibatasi hanya sampai 50 peserta dan kuota makan bajamba untuk Festival Jajanan Minang 2016 sudah ditutup.

Festival Jajanan Minang 2016 diselenggarakan dua hari yakni 10-11 Desember 2016 pukul 08.00-21.00 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Tak dipungut biaya alias gratis untuk ikut serta dalam festival ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com