Kompas.com - 14/12/2016, 09:02 WIB
ILUSTRASI - Resepsionis hotel ThinkStockILUSTRASI - Resepsionis hotel
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru sebentar lagi tiba. Pekan ini adalah saat paling tepat untuk memesan kamar hotel.

Berdasarkan infografik yang KompasTravel terima dari situs perjalanan PegiPegi, tren pencarian hotel untuk akhir tahun 2015 memuncak di minggu keempat bulan Desember. Diperkirakan tren ini akan berulang pada tahun 2016.

Infografik dari PegiPegi menjabarkan bahwa 43,7 persen pemesanan hotel untuk liburan akhir tahun dilakukan secara mendadak. Waktunya sekitar tiga hari sebelum sampai hari H check in.

BACA JUGA: 10 Hotel yang Paling Banyak Masuk Instagram Tahun 2016

Padahal memesan kamar hotel secara mendadak punya banyak risiko, salah satunya adalah kamar yang penuh alias full booked. Pilihan hotel juga semakin terbatas, serta harga kamar hotel yang melambung tinggi karena memasuki musim liburan.

Sebanyak 14,8 persen pemesanan hotel dilakukan empat sampai tujuh hari sebelum hari H. Sebanyak 15,4 persen pemesanan dilakukan satu sampai dua minggu sebelum hari H, sementara 9,4 persen pemesanan dilakukan dua sampai tiga minggu sebelum hari H.

Sebanyak 7,4 persen pemesanan dilakukan tiga sampai empat minggu sebelum hari H. Terakhir, 9,3 persen pemesanan hotel dilakukan satu sampai tiga bulan sebelum hari H.

“Berdasarkan data internal kami, ternyata masih banyak yang mencari hotel setelah Natal. Namun pada saat itu, pilihan hotel dan kamar yang tersedia sudah sangat terbatas. Hal ini membuat mereka sulit untuk mendapatkan hotel yang diinginkan, terutama di kota-kota yang menjadi destinasi favorit liburan," tutur Deputy CEO pegipegi, Ryan Kartawidjaja lewat siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (9/12/2016).

BACA JUGA: Berburu Tiket Pesawat dan Kamar Hotel Termurah? Ini Triknya...

Untuk liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, tanggal terbaik untuk memesan kamar hotel adalah 13-17 Desember 2016. Ini adalah pekan terbaik untuk merencanakan perjalanan, memesan kamar hotel untuk mendapatkan harga dan fasilitas yang diinginkan.

Khusus bulan Desember 2016, PegiPegi memberi promo berupa potongan tiket kereta api Rp 20.000, potongan tiket pesawat Rp 100.000, dan diskon hotel hingga 50 persen.

"Kami menyarankan, lakukan booking hotel setidaknya 12 hari atau maksimal satu minggu sebelum Natal agar kamar masih tersedia dan mendapatkan harga terbaik pula,” imbuh Ryan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.