Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Borobudur Cultural Feast 2016 Digelar Pekan Ini

Kompas.com - 14/12/2016, 21:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko akan menggelar acara Borobudur Cultural Feast 2016 pada 17-18 Desember 2016. Acara festival budaya bertema "Sound of Borobudur" tersebut akan diselenggarakan lingkungan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

"Festival budaya di Borobudur ini baru pertama kali diselenggarakan. Insya Allah akan rutin digelar setiap tahunnya," kata Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah dalam jumpa pers di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Ia mengatakan penyelenggaraan acara Borobudur Cultural Feast 2016 bekerja sama dengan Jaringan Jaringan Kampung Nusantara. Selain itu, lanjut Edwin, acara ini tersebar di 20 desa sekitar TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

"Salah satu aspek yang kami angkat pada festival ini adalah alat musik yang ada di relief Candi Borobudur. Kami berusaha menghidupkan kehidupan Borobudur 1.300 tahun yang lalu, dengan cara membuat alat musik dari yang ada dari relief Borobudur," tambahnya.

BACA JUGA: Taman Borobudur di Museum Vatikan

Adapun acara yang akan diselenggarakan adalah pertunjukan musik, teater, lomba mewarnai, lomba kirab Bregada, pawai kesenian, rebana, pengajian akbar, Jathilan Sekardyu, musik angklung, Festival Dolanan & Karawitan, Kesenian Brodut Ngablak, dan aneka kesenian lainnya.

Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edi Setijono menambahkan acara Borobudur Cultural Feast 2016 juga akan diramaikan oleh 40 mahasiswa asing dari 20 negara. Edi mengatakan bahwa mereka akan membawakan kesenian Karawitan Gangsa Nagari.

"Ini adalah cara BUMN untuk berkontribusi terhadap pariwisata. Kami memperkaya atraksi di TWC Borobudur," jelas Edi.

BACA JUGA: Wisata ke Borobudur, Tengok Juga Tulip di Dieng...

Ia menjelaskan akan ada lima panggung yang tersebar di 20 desa. Edi menambahkan acara-acara Borobudur Cultural Feast 2016 akan berjalan paralel di 20 desa yang ada di Kecamatan Borobudur.

"Akan ada lima panggung. ada panggung utama di Taman Lumbini. Kemudian empat panggung masing-masing di Lapangan Pondok Tingal, Lapangan Tuk Songo, Lapangan Wonotigo, dan Bumiharjo. Wisatawan bisa memilih. Kami berharap wisatawan bisa menyebar di 20 desa itu," jelasnya.

Ia menyebutkan pengunjung yang ingin menikmati acara Borobudur Cultural Feast 2016 tak dikenakan biaya. Wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk reguler jika ingin mengunjungi Taman Lumbini. Gitaris Dewa Budjana juga akan memeriahkan Borobudur Cultural Feast 2016.

Candi Borobudur adalah salah satu obyek wisata budaya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kawasan Candi Borobudur merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com