Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jadwal Lengkap "Borobudur Cultural Feast 2016"

Kompas.com - 16/12/2016, 13:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Budaya "Borobudur Cultural Feast 2016" akan digelar pada 17-18 Desember 2016. Beragam acara budaya akan diselenggarakan di Candi Borobudur dan 20 desa di Kecamatan Borobudur, Jawa Tengah.

"Akan ada lima panggung. Panggung utama di Taman Lumbini, kemudian empat panggung yaitu di Lapangan Pondok Tingal, Lapangan Tuk Songo, Lapangan Wonotigo, dan Bumiharjo. Wisatawan bisa memilih. Kami berharap wisatawan bisa menyebar di 20 desa itu," ujar Edi Setijono selaku Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dalam jumpa pers "Borobudur Cultural Feast 2016" di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Rabu (14/12/2016).

BACA JUGA: Catat! Borobudur Cultural Feast 2016 Digelar Pekan Ini

Acara Borobudur Cultural Feast 2016 bisa dimasukkan ke dalam agenda liburan akhir pekan di Jawa Tengah. Berikut rangkaian acara Borobudur Cultural Feast 2016.

Panggung Taman Lumbini

Panggung Lumbini terletak di dalam area Candi Borobudur. Tepatnya, acara-acara akan diadakan di area Taman Lumbini. Berikut detail acaranya.

Sound of Borobudur

Sound of Borobudur adalah sebuah penampilan orkestra yang digagas oleh Trie Utami, Dewa Budjana, dan Redy Eko Prasetyo. Pada orkestra tersebut akan ditampilkan alat musik dawai dan seruling/alat musik tiup yang terdapat pada relief Karmawibhangga. Acara Sound of Borobudur rencananya akan diadakan pada Sabtu (14/12/2016) pukul 10.25 - 10.40 WIB di Panggung Taman Lumbini, Candi Borobudur. Acara itu akan dimainkan dengan komposisi khusus seperti pada masa 750 Masehi.

Karawitan Jogja Gangsa Nagari Karawitan

Jogja Gangsa Nagari merupakan kelompok karawitan yang dimainkan oleh para siswa-siswi internasional dari Universitas Gajah Mada, Institut Seni Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Sanata Dharma. Jogja Gangsa Nagari merupakan satu-satunya kelompok karawitan yang dibentuk dari lintas perguruan tinggi.

Acara karawitan Jogja Gangsa Nagari akan dimainkan pada Sabtu (17/12/2016) di Panggung Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tari Gita Persada Borobudur

Acara ini akan menampilkan garapan tarian yang diangkat dari relief Candi Borobudur bernama Gapura Kalamara. Pagelaran tari ini dimainkan sekitar 57 penari lokal masyarakat Desa Borobudur.

Bentuk Kalamakara merupakan salah wujud ornamen figuratif yang memiliki fungsi spiritual yaitu sebagai "tolak bala" (pengusir roh-roh jahat). Acara Tari Gita Persada Borobudur Kalamakara akan dimainkan pada tanggal Sabtu (14/12/2016) di Taman Lumbini, Candi Borobudur.

Relief Penerus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com