Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Desember, Lebih dari 1,5 Juta Wisman Kunjungi NTB

Kompas.com - 16/12/2016, 15:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2016. Jumlah tersebut dianggap telah melampaui target kunjungan wisman Nusa Tenggara Barat tahun ini.

"Target tahun 2016 itu 1,5 juta (wisman) sudah terlampaui," jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Mohammad Faozal kepada wartawan seusai acara Launching Calender of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/12/2016).
 
 
Ia mengatakan jumlah kunjungan wisman tersebut terhitung pada tanggal 1 Desember 2016. Hasil tersebut berdasarkan perhitungan dari lembaga survei independen milik Jerman Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan Badan Pusat Statistik (BPS).
 
"Itu dihitung dari lima pintu masuk ke Lombok. Pertama ada Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Senggigi, Pelabuhan Sape (Bima, Sumbawa), Pelabuhan Lembar (Lombok). Dermaga  yang mensuplai Bangsal, Senggigi, dan juga Teluk Nare sebagai pintu masuk ke tiga gili. Paling banyak melalui Pelabuhan Senggigi sebagai titik akses menuju Lombok, " jelasnya.
 
Faozal mengatakan prosentase wisman terbesar datang dari negara Malaysia dan Australia. Sementara posisi ketiga datang dari Eropa dan Asia.
 
 
"Turis Australia, mereka hanya transit di Bali. Maka dari itu penerbangan itu masuk ke Bali, tetapi mereka sudah langsung connecting ke Lombok. Penerbangan enam kali dari Bali - Lombok dengan dua kali Boeing yang 737-800 itu kemudian empat ATR itu penuh. Makanya digunakan fast boat yang digunakan shift ke pintu masuk tiga gili," tambah Faozal.
 
Ia mengatakan untuk wisatawan asal negara Asia yang berlibur ke Lombok rata-rata tinggal selama 3-4 malam. Sementara wisatawan Australia tinggal selama 5-6 hari.
 
Sebelumnya, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat menetapkan target kunjungan 1,5 juta wisman untuk tahun 2016. Hal itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Nusa Tenggara Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com