Kompas.com - 16/12/2016, 15:07 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2016. Jumlah tersebut dianggap telah melampaui target kunjungan wisman Nusa Tenggara Barat tahun ini.

"Target tahun 2016 itu 1,5 juta (wisman) sudah terlampaui," jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Mohammad Faozal kepada wartawan seusai acara Launching Calender of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (15/12/2016).
 
 
Ia mengatakan jumlah kunjungan wisman tersebut terhitung pada tanggal 1 Desember 2016. Hasil tersebut berdasarkan perhitungan dari lembaga survei independen milik Jerman Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan Badan Pusat Statistik (BPS).
 
"Itu dihitung dari lima pintu masuk ke Lombok. Pertama ada Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Senggigi, Pelabuhan Sape (Bima, Sumbawa), Pelabuhan Lembar (Lombok). Dermaga  yang mensuplai Bangsal, Senggigi, dan juga Teluk Nare sebagai pintu masuk ke tiga gili. Paling banyak melalui Pelabuhan Senggigi sebagai titik akses menuju Lombok, " jelasnya.
 
Faozal mengatakan prosentase wisman terbesar datang dari negara Malaysia dan Australia. Sementara posisi ketiga datang dari Eropa dan Asia.
 
 
"Turis Australia, mereka hanya transit di Bali. Maka dari itu penerbangan itu masuk ke Bali, tetapi mereka sudah langsung connecting ke Lombok. Penerbangan enam kali dari Bali - Lombok dengan dua kali Boeing yang 737-800 itu kemudian empat ATR itu penuh. Makanya digunakan fast boat yang digunakan shift ke pintu masuk tiga gili," tambah Faozal.
 
Ia mengatakan untuk wisatawan asal negara Asia yang berlibur ke Lombok rata-rata tinggal selama 3-4 malam. Sementara wisatawan Australia tinggal selama 5-6 hari.
 
Sebelumnya, Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat menetapkan target kunjungan 1,5 juta wisman untuk tahun 2016. Hal itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Nusa Tenggara Barat.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.