Berlibur di Eropa, Waspadai Copet

Kompas.com - 18/12/2016, 12:00 WIB
Keramaian di Kota Paris, Perancis, Minggu (27/11/2016). KOMPAS.COM/KISTYARINIKeramaian di Kota Paris, Perancis, Minggu (27/11/2016).
EditorKistyarini

PARIS, KOMPAS.com - Awas copet, itu pesan yang saya terima dari seorang rekan di kantor ketika saya akan mengikuti GO365 Networking Trip ke Italia, Swiss, dan Perancis.

Ia menceritakan pengalaman kenalannya yang kecopetan saat pergi ke Italia. Temannya itu kehilangan uang dan paspor.

Peringatan yang sama saya dengar ketika kali pertama menginjakkan kaki di kota Roma.

"Please be careful. There are many pickpockets here," kata tour leader saat rombongan kami berada di dalam bus yang akan membawa kami ke wilayah Tuscany, Italia, Senin (21/11/2016).

Beberapa teman dari travel agent yang mengikuti tur ini pun berbagi cerita tentang pengalaman orang-orang dekat mereka menjadi korban copet saat berada di Eropa.

"Teman saya, seorang tour leader, kecopetan saat berada di dalam bus rombongan," kata Susi Suzana, pemilik biro perjalanan Susi Production.

Susi menuturkan ketika itu temannya sedang menghitung anggota rombongan yang ia pimpin.

Ia meletakkan tas cangklongnya di dalam bus, padahal biasanya ia tidak pernah melepas tas tersebut dari badannya.

Pencopet itu masuk bus dan mengambil tasnya.Temannya itu kehilangan paspor, dompet, dan sejumlah uang.

"Di sini pencopetnya bisa tidak mencurigakan. Yang dialami teman saya itu, pencopetnya pakai baju mirip petugas keamanan," kata Susi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X