Tari Guel dan Pacu Kude, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Kompas.com - 20/12/2016, 07:20 WIB
Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan menyerahkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia untuk Pacu Kude dan Tari Guel kepada Plt Bupati Aceh Tengah, Alhudri, Jumat (16/12/2016) malam, di Stage Indoors Taman Seni dan Budaya, Banda Aceh.  KOMPAS.com/IWAN BAHAGIASekretaris Daerah Aceh, Dermawan menyerahkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia untuk Pacu Kude dan Tari Guel kepada Plt Bupati Aceh Tengah, Alhudri, Jumat (16/12/2016) malam, di Stage Indoors Taman Seni dan Budaya, Banda Aceh.
|
EditorI Made Asdhiana

TAKENGON, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menerima Sertifikat Tari Guel dan Pacu Kude yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Sertifikat diserahkan oleh Sekretaris Daerah Aceh, Dermawan dan diterima langsung Plt Bupati Aceh Tengah, Alhudri, Jumat (16/12/2016) malam, di Stage Indoors Taman Seni dan Budaya, Banda Aceh.

Selain Aceh Tengah, budaya daerah yang diakui secara Nasional sebagai Warisan Budaya Tak Benda di Aceh kali ini adalah Likok Pulo asal Aceh Besar, Meracu asal Aceh Selatan, Meugang, Nandong asal Simeulue, Tari Menatakhen Hinel dan Canang Kayu asal Aceh Singkil, serta Tari Guel dan Paku Kude yang juga diterima oleh Bener Meriah.

Penyerahan sertifikat Tari Guel dan Pacu Kude menambah deretan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang diterima oleh Kabupaten Aceh Tengah.

Sebelumnya, pada tahun 2015 Didong Gayo dan Kerawang Gayo telah terlebih dahulu ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia yang berasal dari Kabupaten Aceh Tengah.

Tari Guel adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Suku Gayo yang ada di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Tarian ini mengisahkan bagaimana upaya sejumlah orang untuk membangunkan seekor gajah putih yang berdasarkan cerita rakyat pernah ada di daerah tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X