Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Akhir Tahun Sekeluarga, Jangan Main-main Pilih Hotel!

Kompas.com - 21/12/2016, 09:03 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com – Pesan hotel untuk liburan keluarga bisa dibilang tak dapat dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari kebutuhan orangtua hingga kenyamanan buah hati.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Holiday Inn pada 2013, sebanyak 64 persen orangtua mencari hotel yang memberikan kenyamanan menginap. Adapun 52 persen responden juga menginginkan harga kamar ekonomis.

Sementara itu, anak-anak cenderung mengincar tempat bersenang-senang bersama keluarga selama liburan. Mereka juga mencari tempat bersantai untuk melupakan semua kegiatan sehari-hari di sekolah.

Agar semua keinginan tersebut terpenuhi, ada beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan ketika pilah-pilih memesan hotel untuk liburan. Beberapa tips seperti berikut ini dapat Anda simak untuk itu.

Catat apa saja yang dibutuhkan dari hotel

Sebelum menentukan penginapan, Anda hendaknya membuat daftar kebutuhan terlebih dahulu. Fasilitas tentu akan menyesuaikan jumlah anggota keluarga dan keinginan masing-masing dari mereka.

Misalnya, Anda membawa dua anak atau lebih. Orangtua pun harus memperhatikan ketersediaan kamar, jenis tempat tidur—double bed atau bunk bed—, dan kasur tambahan jika perlu.

Apabila buah hati berusia di bawah lima tahun, ibu otomatis membutuhkan ruang lebih untuk meletakkan barang-barang mereka. Pengosongan mini-bar, bila ada di kamar, bisa digunakan sebagai tempat MPASI dan camilan anak.

Seluruh kebutuhan itu tentu Anda sendiri yang paling tahu. Sayang bukan bila sudah sampai tempat liburan, tetapi akomodasi tak mencukupi karena kelupaan sendiri?

Pilih hotel yang dekat dengan destinasi wisata

Bayangkan bila Anda terjebak macet ketika liburan. Anak-anak mungkin akan rewel karena melewatkan berbagai objek wisata sekaligus wahana bermain. Keinginan santai pun sontak gagal.

Ingat, tempat wisata biasanya ramai pada hari libur. Wisatawan dapat menghemat waktu perjalanan serta menikmati permainan lebih lama jika lokasi hotel strategis dan dekat dengan destinasi.

Sekadar catatan, jangan lupa menengok peta jika Anda tak bawa kendaraan sendiri. Stasiun kereta atau halte bus dekat hotel akan sangat memudahkan aktivitas liburan keluarga dari segi transportasi.

Perhatikan ulasan tamu hotel sebelumnya

Jangan ragu untuk teliti membaca ulasan atau tinjauan para tamu yang sudah lebih dulu menginap di hotel incaran. Anda juga bisa mencari tulisan blog atau berita seputar hotel yang ingin dipesan.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com