Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Optimistis Pengunjung Candi Borobudur Tembus 3,8 Juta Orang

Kompas.com - 22/12/2016, 08:10 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, optimistis akan memenuhi target kunjungan wisatawan sampai 3,8 juta orang hingga akhir 2016.

Kepala Unit PT TWCB Chrisna Murti Adiningrum menyebut hingga pertengahan Desember 2016 jumlah kunjungan wisatawan sudah mencapai 83,2 persen atau berkisar 3,2 juta orang, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Kami optimistis terget bisa tercapai, mengingat masih ada libur Natal dan tahun baru 2017," kata Chrisna, Rabu (21/12/2016).

(BACA: Ngopi Sambil Memandang Eksotisnya Candi Borobudur, Ini Tempatnya....)

Menurut Chrisna, akhir tahun ini banyak momentum yang mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke warisan budaya dunia itu. Beberapa di antaranya adalah hari libur yang bertepatan di akhir pekan (long weekend) pada 9-10 Desember 2016.

"Pada saat itu, Candi Borobudur dikunjungi lebih dari 90.000 wisatawan. Itu di luar dugaan kami," ujar Chrisna.

Setiap akhir pekan, lanjut Chrisna, memang selalu ada peningkatan meski tidak signifikan. Biasanya jumlah pengunjung tidak lebih dari 10.000 orang.

"Kalau pas libur biasa akhir pekan, jumlah pengunjung berkisar 7.000 - 10.000. Namun long weekend kemarin bisa naik lebih dari 100 persen," ujarnya.

KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Wisatawan sedang naik gajah di komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Dari jumlah tersebut, wisatawan nusantara masih mendominasi. Sedangkan untuk wisatawan asing masih sedikit, karena untuk bulan Desember merupakan masa low session bagi wisatawan mancanegara.

"Biasanya wisman akan banyak datang pada bulan Juni-Juli," kata Chrisna.

Selama libur panjang tidak ada perubahan harga untuk tiket tanda masuk, yakni Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 12.000 untuk anak-anak. Khusus untuk anak-anak PAUD di Kabupaten Magelang, pihaknya memberikan tiket cuma-cuma alias gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com