Kompas.com - 22/12/2016, 15:28 WIB
Grand Palace di Bangkok, Thailand. BANGKOK.TRAVELGrand Palace di Bangkok, Thailand.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibanding negara ASEAN lain, Thailand unggul dari segi pertumbuhan pariwisata tahun 2016. Dari data yang didapat Kementerian Pariwisata Indonesia, Rabu (21/12/2016), berdasarkan himpunan data kementerian dan lembaga pariwisata masing-masing negara, Thailand mengungguli negara ASEAN lain, dengan 11,3 persen pertumbuhan pariwisata tahun ini.

"Malaysia adalah emotional competitor kita, tetapi professional competitor kita sesungguhnya adalah Thailand," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, pada acara jumpa pers akhir tahun di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Arief pada kesempatan yang sama memaparkan data perbandingan kunjungan wisatawan mancanegara ke Thailand dan Indonesia pada periode bulan Januari sampai Oktober 2016.

(BACA: Bali Kejar 3,5 Juta Wisman untuk Mencapai Target 2019)

Pada periode tersebut, ada 9.403.614 wisman yang berkunjung ke Indonesia. Sedangkan pada periode yang sama 27.076.308 wisman berkunjung ke Thailand.

Total pertumbuhan pariwisata Indonesia pada periode tersebut adalah 9,5 persen. Sedangkan Thailand mencapai 11,3 persen.

"Thailand hampir tercapai 30 juta wisman. Dari segi devisa Thailand dapat 42 miliar dollar AS. Sumbangan pariwisata dia (Thailand) terhadap PDB (produk domestik bruto)-nya 22 persen. Ibaratnya kalau Indonesia memiliki Bali, ASEAN itu memiliki Thailand," kata Arief.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertumbuhan pariwisata Indonesia sendiri, menurut Arief, sudah cukup baik, mengingat pertumbuhan pariwisata dunia hanya 4,4 persen, sedangkan pertumbuhan regional 5,1 persen.

Negara tertangga Malaysia, pada periode Januari sampai bulan Agustus 2016 mengalami pertumbuhan pariwisata sejumlah 3,8 persen dengan total kunjungan wisman mencapai 17.611.563.

Singapura mengalami pertumbuhan 9,4 persen pada periode bulan Januari sampai September 2016 dengan total 12.423.952 wisman. Tahun 2017 Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan 15 juta wisman ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.