Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lezatnya Selai Blueberry di Okayama

Kompas.com - 23/12/2016, 07:50 WIB
Sandro Gatra

Penulis

OKAYAMA, KOMPAS.com - Anda penyuka buah blueberry? Menyantap berbagai olahan blueberry mungkin sudah biasa. Namun, membuat selai blueberry untuk dinikmati sendiri bisa jadi pengalaman menarik.

Membuat selai blueberry menjadi salah satu kegiatan wisata di Okayama, Jepang, tepatnya di Mori Botanical Garden.

Berwisata di Okayama, wisatawan tidak hanya sekadar melihat-lihat, tetapi bisa beraktivitas bersama warga lokal. Membuat blueberry salah satunya.

Okayama terkenal dengan hasil buah berkualitas tinggi, salah satunya blueberry. Blueberry yang dipakai untuk membuat selai merupakan hasil panen di wilayah tersebut. Jadi, buahnya segar.

(BACA: Menyusuri Korakuen, Taman Paling Cantik di Jepang)

Dengan dipandu pekerja setempat, para turis mengikuti setiap arahan. Sebanyak 400 gram blueberry dicampur 50 gram gula di dalam panci.

Kemudian, blueberry dan gula itu terus diaduk sambil dimasak. Lama kelamaan, blueberry akan mencair lalu mengental.

Setelah mengental, sedikit air lemon kemudian dimasukkan. Tak sampai 30 menit, blueberry sudah bisa dimasukkan kedalam toples.

Proses terakhir, toples itu dimasukan kedalam air mendidih. Setelah direbus selama 10 menit, selai siap untuk dinikmati. Relatif mudah membuatnya.

Jika toples tidak dibuka, selai blueberry itu bisa bertahan hingga satu tahun. Namun, jika dibuka, disarankan segera dihabiskan.

Bagaimana rasanya? Lezat. Teksturnya tidak sehalus selai yang dijual. Namun, manisnya tak kalah.

Selain membuat selai, para pengunjung bisa berbelanja di toko yang ada di lokasi. Ada banyak olahan blueberry seperti blueberry cheese cake, blueberry cake, blueberry juice, hingga es krim blueberry.

Proses pembuatan selai blueberry itu bisa dilihat dalam video di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com