Kompas.com - 24/12/2016, 17:09 WIB
Wisatawan AS menari Gandrung di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (31/8/2016). KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATIWisatawan AS menari Gandrung di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (31/8/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Selama tahun 2016, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi tembus hingga 3 juta orang dan wisatawan asing sebanyak 72 ribu orang.

Padahal, menurut Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda target kunjungan wisatawan sebanyak 2,5 juta orang dan wisatawan asing sebanyak sebanyak 50 ribu orang

"Jumlah wisatawan yang berkunjung melebihi target dan kunjungan terbanyak adalah ke Bangsring Underwater di Kecamatan Wongsorejo, Pantai Boom dan Pulau Merah di Pesanggaran," kata Bramuda kepada KompasTravel, Sabtu (24/12/2016).

(BACA: JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang ke Banyuwangi)

Terdata ada 309.117 wisatawan domestik dan 2.511 wisatawan asing yang berkunjung Bangsring Underwater yang dikelola oleh masyarakat nelayan Desa Bangsring.

Sedangkan jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Pantai Boom sebanyak 256.336 orang. Lokasi wisata yang juga ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Pulau Merah dengan jumlah wisatawan domestik sebanyak 198.454 orang dan 2.107 wisatawan asing.

"Jumlah itu masih belum termasuk wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang baru dibuka seperti wisata pinus di Songgon atau wisata hutan mangrove. Padahal jumlah kunjungan di tempat baru sangat tinggi. Tahun depan akan kita masukkan beberapa destinasi wisata baru di Banyuwangi," ujar Bramuda.

KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Salah satu spot foto favorit dengan lampion warna-warni di Hutan Pinus Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.
Saat ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan fokus pada peningkatan pelayanan sehingga kunjungan wisatawan di Banyuwangi bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Dari survei tahun 2015, rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi menghabiskan uang Rp 3,1 juta dan ditargetkan sampai 2020 wisatawan akan membelanjakan uangnya sekitar Rp 5 juta per orang," kata Bramuda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X