Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2016 Banyuwangi Dikunjungi 3 Juta Wisatawan

Kompas.com - 24/12/2016, 17:09 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Selama tahun 2016, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi tembus hingga 3 juta orang dan wisatawan asing sebanyak 72 ribu orang.

Padahal, menurut Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda target kunjungan wisatawan sebanyak 2,5 juta orang dan wisatawan asing sebanyak sebanyak 50 ribu orang

"Jumlah wisatawan yang berkunjung melebihi target dan kunjungan terbanyak adalah ke Bangsring Underwater di Kecamatan Wongsorejo, Pantai Boom dan Pulau Merah di Pesanggaran," kata Bramuda kepada KompasTravel, Sabtu (24/12/2016).

(BACA: JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang ke Banyuwangi)

Terdata ada 309.117 wisatawan domestik dan 2.511 wisatawan asing yang berkunjung Bangsring Underwater yang dikelola oleh masyarakat nelayan Desa Bangsring.

Sedangkan jumlah wisatawan domestik yang berkunjung ke Pantai Boom sebanyak 256.336 orang. Lokasi wisata yang juga ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Pulau Merah dengan jumlah wisatawan domestik sebanyak 198.454 orang dan 2.107 wisatawan asing.

"Jumlah itu masih belum termasuk wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang baru dibuka seperti wisata pinus di Songgon atau wisata hutan mangrove. Padahal jumlah kunjungan di tempat baru sangat tinggi. Tahun depan akan kita masukkan beberapa destinasi wisata baru di Banyuwangi," ujar Bramuda.

KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Salah satu spot foto favorit dengan lampion warna-warni di Hutan Pinus Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.
Saat ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan fokus pada peningkatan pelayanan sehingga kunjungan wisatawan di Banyuwangi bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Dari survei tahun 2015, rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi menghabiskan uang Rp 3,1 juta dan ditargetkan sampai 2020 wisatawan akan membelanjakan uangnya sekitar Rp 5 juta per orang," kata Bramuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com